Ingin Cegah Penuaan Dini? Perhatikan Hal-hal Berikut

ArsipSehat ~ Setiap manusia tentu akan mengalami penuaan sel, yang pada akhirnya berpengaruh juga pada penuaan organ tubuh dan penampilan seseorang. Oleh sebab itu, yuk sejak dini perhatikan beberapa hal tertentu agar penuaan bisa dilewati dengan tetap sehat dan bugar.

"Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah penuaan dini. Meskipun terlihat biasa, efeknya sangat besar," ujar Prof Dr Michael Klentze, Chief Scientific dan Medical Officer di Thanyapura Integrative Health Centre, Thailand.

Hal tersebut ia sampaikan dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Sapulidi Resort, Jl Raya Pengosekan, Bali, dan ditulis pada Rabu (27/11/2013).

Menurut Prof Klentze, Anda perlu memperhatikan hal berikut: pengendalian stres oksidatif; mengendalikan faktor risiko penyakit jantung; rajin berolahraga; cukup istirahat; berhenti merokok; kendalikan konsumsi minuman beralkohol; dan seimbangkan pola makan.

Apakah yang dimaksud dengan stres oksidatif? "Kita semua memproduksi radikal bebas. Orang yang rajin berlari di lingkungan penuh polusi memang akan memiliki tubuh kurus, tapi tubuhnya tak sehat karena menghirup udara yang tak sehat juga. Itulah stres oksidatif," tutur Prof Klentze.

Oleh sebab itu, Prof Klentze kembali mengingatkan pentingnya menjaga pola hidup sehat. Hal ini dianggap harus dijadikan prioritas, sehingga tubuh akan tetap bugar meskipun secara fisik akan mengalami penurunan seiring pertambahan usia.

"Balance is everything. Keseimbangan adalah kuncinya. Alam berwarna kehijauan seperti pepohonan akan memberi Anda energi," tutur Prof Klentze, yang juga merupakan Managing Director Klentze Medical Faculty dan telah mendukung klinik anti-aging di banyak negara, salah satunya di Sapulidi Life Integrative Health Centre, Bali.

sumber: http://health.detik.com/read/2013/11/27/112241/2424851/763/ingin-cegah-penuaan-dini-bisa-yuk-perhatikan-hal-hal-berikut

Belum ada Komentar untuk "Ingin Cegah Penuaan Dini? Perhatikan Hal-hal Berikut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel