4 Alasan Bersosial Bikin Tambah Sehat

http://arsipsehat.blogspot.com/2013/12/4-alasan-bersosial-bikin-tambah-sehat.htmlArsipSehat ~ Salah satu rahasia hidup sehat dan panjang umur adalah bersosialisasi. Percaya atau tidak, memiliki hubungan yang baik dengan keluarga, rekan, teman, dan orang-orang lain di sekitar membuat kita tambah sehat. Berikut ini beberapa alasan kita harus mengutamakan bersosialisasi dengan mereka.

1. Jarang sakit
Bersosialisasi membuat kita jarang sakit. Sebuah studi membuktikan, orang yang memiliki hubungan sosial yang baik cenderung lebih sulit untuk terjangkit virus influenza dibandingkan mereka yang mengisolasi diri mereka.

2. Tidur lebih nyenyak
Kesepian akan memicu kita untuk memiliki tidur yang tidak nyenyak. Sebuah studi asal University of Chicago mengindikasikan, semakin kesepian Anda, maka semakin sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Padahal, tidur yang baik diketahui merupakan faktor penting untuk mendapatkan tubuh lebih sehat.

Tidur dibutuhkan tubuh untuk meregenerasi sel-sel sehingga bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap muda. Sebuah studi juga menunjukkan manfaat tidur untuk mempercepat penyembuhan, terutama fase tidur dalam.

3. Cegah penurunan kognitif
Beberapa studi menunjukkan, orang yang memiliki dukungan sosial yang kuat memiliki risiko yang lebih kecil mengalami penurunan kognitif. Hal ini dikarenakan bersosialisasi membuat otak tetap aktif sehingga menjaga fungsinya tetap baik.

4. Panjang umur
Sebuah studi di tahun 2010 menganalisa, orang dengan hubungan sosial yang kuat 50 persen lebih cenderung untuk panjang umur. Bahkan mereka mengkaterorikan dampak tidak bersosialisasi dengan kebiasaan buruk merokok.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan, bersosialisasi dapat membantu kesembuhan pasien kanker payudara. Memiliki hubungan yang baik dengan teman dan keluarga akan menimbulkan rasa senang dan meringankan rasa nyeri pasien.

sumber: http://health.kompas.com/read/2013/07/29/1448383/4.Alasan.Pertemanan.Bikin.Tambah.Sehat

Belum ada Komentar untuk "4 Alasan Bersosial Bikin Tambah Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel