Dokter Jiwa: Dalam 20 Detik, Racun Rokok Langsung Pengaruhi Otak

ArsipSehat ~ Merokok memang membahayakan bagi kesehatan tubuh anda. Bukan cuma menyebabkan penyakit paru-paru dan serangan jantung, ternyata rokok juga dapat berpengaruh langsung pada otak anda!

Dr dr Nurmiati Amir, SpKJ, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menjelaskan bagaimana proses nikotin pada rokok mempengaruhi otak Anda.

"Dari pertama kali dihisap, nikotin dapat langsung mencapai otak hanya dalam waktu 20 detik," ujarnya pada Seminar Rokok, Neurosains dan Spiritualitas di Auditorium Lembaga Farmasi Angkatan Laut, Bendungan Hilir, Jakarta, Minggu (15/12/2013).

Setelah dihisap, nikotin akan melewati tenggorokan dan tersimpan di lemak dan otot tubuh. Setelah pH (kadar keasaman) diseimbangkan secara fisiologi, nikotin akan langsung naik menuju otak.

Ia pun melanjutkan dengan mengidentifikasi beberapa pengaruh nikotin untuk tubuh. Di antaranya adalah meningkatkan keterjagaan, meningkatkan atensi, membuat rasa senang atau euforia, mengurangi kecemasan, serta menurunkan rasa lelah. Hal ini disebabkan oleh nikotin yang melewati bagian otak yang disebut Brain Reward System.

"Nikotin yang melewati sistem itu akan menstimulasi perilaku senang, bahagia, dan perasaan senang. Namun akibat buruknya adalah ketika tidak ada nikotin yang lewat, sistem tersebut akan mengirimkan sinyal kehilangan sehingga kita akan merasa gelisah, cemas, dan sebagainya jika kita tidak merokok," ujarnya lagi.

Hal-hal itulah yang menurutnya membuat seseorang susah untuk berhenti merokok. Ia juga menambahkan bahwa pencegahan kecanduan nikotin harus dilakukan sejak dini.

"Karena semakin dini dia merokok akan semakin cepat ia ketergantungan nikotin," pungkasnya.

Data terakhir WHO menunjukkan bahwa sepertiga dari seluruh populasi dunia merokok. Sementara di Indonesia sendiri dua pertiga dari populasi laki-laki Indonesia sudah merokok.

sumber: http://health.detik.com/read/2013/12/15/160716/2442511/763/dokter-jiwa-dalam-20-detik-racun-rokok-langsung-pengaruhi-otak?l992203755

1 Komentar untuk "Dokter Jiwa: Dalam 20 Detik, Racun Rokok Langsung Pengaruhi Otak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel