Kulit Kering dan Belang Bisa Jadi Tanda Penuaan

ArsipSehat ~ Menurut Prof Dr Widji Soeratri,DEA,Apt.,Dipl.Cosm,Sci, penuaan kulit merupakan suatu keadaan yang ditandai dengan menurunnya kualitas kulit dengan adanya perubahan warna, relief, dan tekstur.

"Karakteristik penuaan yaitu kulit kering, pigmentasi tidak merata, kulit berkerut, mengelupasnya sel-sel kulit mati, serta photoaging yaitu berkurangnya kolagen dan serat elastin pada kulit akibat paparan sinar matahari," papar Prof Widji.

Ia melanjutkan, jika terjadi penuaan, maka kulit akan memiliki kerut kasar atau halus yang dipengaruhi komponen di bawah kulit. Hal itu ia sampaikan dalam 'Seminar dan Workshop in Aesthetic Medicine 2013' di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (29/11/2013).

"Kalau warna, apapun warna kulit kita, itu adalah anugerah yang harus disyukuri. Hanya saja, karena mengalami penuaan maka ada distribusi melanin yang tidak merata. Kondisinya sulit diatasi sehingga kadang memang ada kulit yang belang. Kalau relief, misalnya saja kulit jadi lebih kering," jelas prof Widji.

Prof Widji mengatakan tidak bisa jika kita tidak mengalami penuaan, tapi setidaknya penuaan bisa diperlambat dengan peremajaan kulit caranya dengan menggunakan kosmetik, tindakan medis, atau kombinasi keduanya. Penggunaan kosmetik salah satunya dengan pelembab dan sunscreen.

"Sunscreen minimal yang memiliki sun protection factor (spf) 15. Kalau enggak keluar enggak pakai sunscreen, salah. Sebab, UVA dan UVB juga dihasilkan oleh alat rumah tangga," tutur Prof Widji.

"Kosmetik yang mahal belum tentu bagus tapi kalau kosmetik yang bagus jangan disuruh murah. Misalnya bedak yang bernano yang tahan dari pagi sampai sore, itu tidak mungkin murah," kata Prof Widji sembari tertawa.

sumber: http://health.detik.com/read/2013/11/29/173041/2427785/763/kulit-kering-dan-belang-bisa-jadi-tanda-penuaan?l992205755

Belum ada Komentar untuk "Kulit Kering dan Belang Bisa Jadi Tanda Penuaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel