Waspadalah Terhadap Kosmetik yang Mengandung Pengawet

kosmetik yang mengandung pengawet oleh Kesehatan SegiEmpat

kosmetik yang mengandung pengawet oleh Kesehatan SegiEmpat Jika Anda sering menggunakan kosmetik, sebaiknya Anda mulai berhati-hati karena telah ditemukan bahwa ada beberapa produk kosmetik yang menggunakan bahan pengawet yang bisa mengakibatkan epidemic alergi kulit yang berbahaya. Zat tersebut bernama methylisothiazolinone atau lebih dikenal dengan nama MI atau MIT.


Bahan ini biasanya akan ditemukan pada tissu bayi, produk pelembab dan make up. Selain itu, para ahli dermatolog juga menemukan hubungan antara MI dengan peningkatan contact dermatitis, yaitu alergi yang mengakibatkan kulit menjadi merah, gatal dan menyengat. Para dermatolog memperkirakan bahwa ada satu dari 10 orang pasien yang terkena dermatitis alergi atau eksim karena bahan pengawet. Berdasarkan hal ini, maka sebaiknya penggunaan MI sebagai bahan kosmetik haruslah dilarang.


Juru bicara Asosiasi Perdagangan Kosmetik di Eropa mengatakan bahwa “tindakan ini (pelarangan penggunaan MI) direkomendasikan untuk kepentingan keselamatan konsumen dalam kaitannya dengan reaksi kulit yang merugikan. Disarankan agar perusahaan tak menunggu intervensi peraturan di bawah Cosmetics Regulation, tetapi menerapkan rekomendasi sesegera mungkin.”


MI atau MIT sendiri adalah bahan pengawet yang biasanya ditemukan pada cat. Namun banyak yang menggunakan zat ini pada produk kecantikan untuk mencegah pertumbuhan ragi dan bakteri.


Para ahli kemudian mengatakan bahwa MI menjadi bahan kimia kedua setelah nikel yang bisa menyebabkan terjadinya kontak alergi. Para peneliti telah melakukan penyelidikan dan menemukan bukti bahwa ada hubungan antara dermatitis kontak alergi dengan tisu basa yang mengandung MI dan induksi kontak alergi.


Kemudian, mereka juga mengatakan bahwa dengan dilarangnya penggunaan MIT pada produk yang bersentuhan dengan kulit, salah satunya tisu basah, maka mereka berharap bahwa kejadian induksi alergi dari MIT akan menurun secara signifikan. Biasanya MIT akan dicampurkan dengan bahan pengawet lain dengan perbandingan 3 : 1.


Dalam sebuah kasus, seorang wanita yang berada di Spanyol menggunakan suncream yang mengandung MI. Dia mengalami alergi sehingga kulitnya meradang. Hal inilah yang membuatnya harus dirawat di rumah sakit dan mendapatkan antihistamin dan steroid untuk mengurangi terjadinya pembengkakan. Masalah ini juga kemudian menjadi sorotan setelah MIT ditemukan pada salah satu produk lotion. Hal ini yang kemudian membuat beberapa perusahaan berhenti menggunakan MIT.




sumber http://kesehatan.segiempat.com/hasil-penelitian/waspadalah-terhadap-kosmetik-yang-mengandung-pengawet/

Belum ada Komentar untuk "Waspadalah Terhadap Kosmetik yang Mengandung Pengawet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel