Kamis, 28 Agustus 2014

Tips Mengonsumsi Makanan yang Tepat Saat Masa Nifas

AhmadKamis, 28 Agustus 2014 0 comments
Foto Makanan yang Tepat Saat Masa Nifas
Darah nifas yang keluar selama 40 hari pasca persalinan tentunya bukanlah tanda yang tepat bagi kita untuk mengonsumsi makanan secara sembarangan. Sebaliknya, kita harus benar-benar menjaga dan selektif dalam memilih makanan dan minuman yang kita konsumsi untuk menghindarkan kita dari efek-efek negatif yang mungkin saja dapat timbul saat masa nifas. Lantas kira-kira, makanan dan minuman apa saja kah yang paling tepat dikonsumsi saat masa nifas tiba? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Susu

Salah satu minuman yang paling baik dikonsumsi saat masa nifas adalah susu. Bukan hanya bayi, wanita yang baru saja melahirkan pun sebenarnya sangat membutuhkan konsumsi susu guna menjaga kebugaran dan kesehatan tubuhnya.

2. Minyak Omega-3

Bukan hanya susu, wanita yang tengah mengalami masa nifas pun juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung minyak omega-3, seperti salmon, kenari, dan biji ami. Sebab kandungan minyak omega-3 dalam makanan akan membantu mencegah dan menangani depresi yang mungkin saja muncul pasca persalinan. Bukan hanya itu, minyak omega-3 juga sangat baik untuk otak kita, sebab minyak jenis ini akan membantu meningkatkan fungsi otak. Bukan hanya minyak omega-3, Anda pun juga dapat memenuhi gizi Anda dengan mengonsumsi suplemen omega-3 untuk menghindari makanan yang berasal dari olahan ikan guna menghindari kandungan merkuri yang ada di dalam ikan. Minyak dan suplemen omega-3 juga sangat baik dan aman dikonsumsi oleh ibu yang tengah menyusui.

3. Protein

Bukan hanya itu, wanita yang tengah berada dalam masa nifas juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein. Sebab kandungan protein yang terdapat dalam berbagai jenis makanan dan minuman seperti susu, daging, dan ikan sangat bermanfaat untuk perkembangan dan menjaga ketenangan otak kita. Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika Anda mencoba menambahkan protein dalam menu makanan Anda baik menu sarapan ataupun menu siang hari. Selain itu, Anda juga dapat mengganti cemilan Anda dengan keju, biskuit, dan yogurt.

4. Air Putih

Bukan hanya protein, Anda pun juga dapat memenuhi kebutuhan gizi dengan memperbanyak konsumsi air putih. Sebab kekurangan air putih justru dapat membuat kita mengalami dehidrasi yang berakibat menurunkan konsentrasi dan daya tahan tubuh. Bukan hanya itu, dehidrasi juga akan berdampak pada timbulnya kecemasan dan kelelahan. Oleh sebab itu, biasakan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh.

5. Dark Chocolate

Selain susu dan air putih, ada satu lagi minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat masa nifas, yakni dark chocolate. Dark chocolate akan membantu memenuhi kebutuhan gula dan dapat memperbaiki suasana hati (mood) karena memiliki kandungan cocoa yang mencapai lebih dari 70%.

sumber http://ift.tt/1mVQ0Bh
In Category : ,

0 comments

Posting Komentar