Infeksi Telinga Tengah (Otitis Media) : Penyebab, Jenis, Gejala dan Diagnosa

Apa itu infeksi telinga tengah?
Infeksi telinga tengah, juga disebut otitis media, terjadi akibat diserang virus atau bakteri yang menyebabkan daerah di belakang gendang telinga menjadi meradang. Kondisi ini paling sering terjadi pada anak-anak. Menurut Rumah Sakit Anak Lucile Packard di Stanford, infeksi telinga tengah terjadi pada 80 persen anak-anak pada saat mereka mencapai usia 3 tahun.

Sebagian besar infeksi telinga tengah terjadi selama musim dingin dan awal musim semi. Seringkali, infeksi telinga tengah hilang tanpa obat apa pun. Namun, Anda harus mencari perawatan medis jika rasa sakit berlalu atau Anda demam.


Apa saja jenis infeksi telinga tengah?

Ada dua jenis infeksi telinga tengah: otitis media akut (AOM) dan otitis media dengan efusi (OME).

Otitis media akut
Jenis infeksi telinga ini datang dengan cepat dan disetujui dengan pembengkakan dan kemerahan di telinga di belakang dan di sekitar gendang telinga. Demam, telinga sakit, dan gangguan pendengaran sering terjadi akibat cairan yang terperangkap dan / atau lendir di telinga tengah.

Otitis media dengan efusi
Setelah infeksi hilang, kadang-kadang lendir dan cairan akan terus menumpuk di telinga tengah. Ini bisa menyebabkan perasaan telinga “penuh” dan memengaruhi kemampuan Anda untuk mendengar dengan jelas.

Apa yang menyebabkan infeksi telinga tengah?

Ada sebagian alasan Anak-anak mendapat infeksi telinga tengah. Yang sering disampaikan dari infeksi saluran pernapasan yang sebelumnya menyebar ke telinga. Tabung yang menghubungkan telinga tengah ke faring (tabung eustachius) tersumbat, cairan akan terkumpul di belakang gendang telinga. Bakteri akan sering tumbuh dalam cairan, menyebabkan rasa sakit dan infeksi.

Apa saja gejala infeksi telinga tengah?

Ada berbagai gejala yang terkait dengan infeksi telinga tengah. Beberapa yang paling umum adalah:


  • sakit telinga
  • sifat lekas marah
  • sulit tidur
  • menarik-narik atau menarik telinga
  • demam
  • kuning, yang jelas, atau berdarah debit dari telinga
  • kehilangan keseimbangan
  • masalah pendengaran
  • mual dan muntah
  • diare
  • nafsu makan menurun
  • kemacetan

Bagaimana dokter mendiagnosis infeksi telinga tengah?

Dokter Anda akan memastikan mereka memiliki laporan kesehatan anak Anda dan akan melakukan pemeriksaan fisik. Selama pemeriksaan, dokter akan melihat bagian luar telinga dan gendang telinga menggunakan alat yang dinamakan otoskop untuk pemeriksaan kemerahan, pembengkakan, nanah, dan cairan.


Dokter Anda mungkin juga melakukan tes yang disebut tympanometry untuk menentukan apakah telinga tengah melakukan dengan baik. Untuk tes ini, pasang perangkat di dalam saluran telinga Anda, ubah tekanan dan buat gendang telinga bergetar. Tes ini mengukur perubahan getaran dan mengukurnya pada grafik. Dokter Anda akan menginterpretasikan hasilnya.

sumber: https://www.healthline.com/health/otitis#types

Belum ada Komentar untuk "Infeksi Telinga Tengah (Otitis Media) : Penyebab, Jenis, Gejala dan Diagnosa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel