Apel Sama Manjurnya dengan Obat Penurun Kolesterol


ArsipSehat ~ Pepatah bijak mengatakan, "An apple a day keeps the doctor away". Ternyata pepatah itu benar adanya. Para peneliti dari Universitas Oxford telah membuktikannya!


Para peneliti dari Universitas Oxford menyarankan para lansia di atas lima puluh tahun untuk rutin mengonsumsi apel. Sebab apel dapat mencegah serangan jantung dan bekerja seefektif statin, atau obat penurun kadar kolesterol.

Dalam risetnya, para peneliti tersebut menggunakan model matematika untuk menentukan berapa besar manfaat konsumsi apel harian untuk para lansia. Mereka juga membandingkan besarnya manfaat apel dan statin dalam mencegah serangan jantung.

Lantas, apakah benar apel seampuh statin? Para peneliti yakin, iya. Ini dia hasil perhitungan para peneliti.

Jika 17,6 juta orang dewasa di Inggris mengonsumsi statin, kematian karena serangan jantung dapat berkurang hingga 9.400 kasus. Namun, konsumsi statin dapat meningkatkan risiko gangguan otot dan diabetes. Sedangkan jika 22 juta manula di Inggris rutin mengonsumsi apel, kematian karena penyakit jantung dapat berkurang hingga 8.500 kasus. Itulah mengapa peneliti yakin perlindungan kesehatan dari buah apel sama ampuhnya dengan perlindungan yang diberikan oleh statin.

Tim peneliti itu juga menggunakan perhitungan matematis untuk menghitung manfaat konsumsi buah dan sayur bagi kesehatan. Ternyata tambahan satu porsi buah dan sayur seperti apel dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke hingga 12 persen.

"Kaum Victoria benar ketika mereka mengatakan 'an apple a day keeps the doctor away', " ujar Dr Adam Briggs dari British Heart Foundation Health Promotion Research Group sebagaimana dilansir Daily Mail pada Rabu (18/12/2013).

"Pepatah itu menunjukkan betapa efektifnya perubahan kecil pada pola makan terhadap kondisi kesehatan. Obat dan gaya hidup sehat benar-benar menunjukkan perbedaan dalam mencegah penyakit jantung dan stroke," tambahnya.

Semakin banyak porsi buah dan sayur yang dikonsumsi, semakin jauh juga risiko kematian karena penyakit jantung. Menurunkan kolesterol dengan meminum obat-obatan teretentu memang ampuh. Tetapi, akan lebih baik lagi jika melakukan diet seimbang.

sumber: http://health.detik.com/read/2013/12/18/180056/2445854/763/studi-apel-sama-ampuhnya-dengan-obat-penurun-kolesterol?l991101755

Belum ada Komentar untuk "Apel Sama Manjurnya dengan Obat Penurun Kolesterol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel