Cara Alami Mengatasi Insomnia


http://arsipsehat.blogspot.com/
Salah satu masalah yang sering terjadi pada masyarakat yang hidup di kota besar adalah mereka menghabiskan sebagian waktunya di jalanan. Mereka berangkat di waktu subuh agar tidak terkena macet dan kemudian harus tiba di rumah ketika hari sudah gelap. Hal itulah yang kemudian yang membuat banyak orang yang tidak bisa mendapatkan istirahat yang cukup. Selain itu, terlalu banyak berpikir dan stres juga dapat menyebabkan seseorang menjadi sulit untuk tidur atau insomnia. Meski begitu, ada beberapa cara alami untuk mengatasi insomnia :
  • Tidak Merokok
Nikotin yang terdapat pada rokok akan membuat orang tersebut lebih sulit untuk tidur, mengalami gangguan saat tidur dan lebih sering terbangun.
  • Mengurangi Konsumsi Kafein
Jika Anda membutuhkan kafein, usahakan untuk mengkonsumsinya sebelum pukul 14.00. Karena lewat dari situ akan membuat Anda tidak bisa tidur dengan nyenyak. Namun jika ternyata Anda butuh minuman pengganti, Anda bisa mengkonsumsi susu hangat.
  • Tidak Mengkonsumsi Alkohol
Jika Anda ingin mendapatkan tidur yang cukup, usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan atau minuman secara berlebihan. Karena hal tersebut akan mengganggu tidur Anda.

  • Melakukan Aktifitas Fisik
Agar Anda bisa tidur dengan nyenyak, lakukanlah olahraga ringan seperti berjalan atau berenang. Tetapi sebaiknya Anda menghindari olahraga berat.

  • Membuat Daftar Pekerjaan
Mungkin saja Anda tidak bisa tidur karena memikirkan pekerjaan yang harus Anda lakukan keesokan harinya. Oleh karena itu, luangkanlah waktu Anda untuk menuliskan daftar pekerjaan yang harus Anda lakukan keesokan harinya.

  • Menenangkan Diri
Ada beberapa hal yang bisa membuat Anda lebih rileks saat akan tidur seperti melakukan yoga, mandi air hangat atau mendengarkan musik.

  • Menciptakan Lingkungan Tidur yang Baik
Ketika Anda akan tidur usahakan agar kamar Anda sangat gelap dan tenang dan suhu kamar juga harus tetap nyaman. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa tempat tidur Anda adalah tempat yang nyaman.

  • Jangan Tinggal di Tempat Tidur
Ketika Anda benar-benar tidak bisa tidur, sebaiknya Anda bangun dan melakukan kegiatan yang bisa membuat Anda mengantuk dan akhirnya tertidur.

  • Menciptakan Jadwal Tidur Teratur
Untuk mendapatkan tidur yang baik, usahakan agar Anda tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya.

sumber http://kesehatan.segiempat.com/tips-kesehatan-2/cara-alami-mengatasi-insomnia/

Belum ada Komentar untuk "Cara Alami Mengatasi Insomnia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel