Akibat Buruk Penggunaan Sepatu Hak Tinggi Saat Hamil

high heels ibu hamil oleh Kesehatan SegiEmpat
Sepatu hak tinggi atau high heels adalah salah satu benda yang harus selalu ada untuk seorang wanita. Banyak yang percaya bahwa penggunaan sepatu ini bisa membuat kaki wantia tersebut terlihat lebih indah. Hal inilah yang kemudian membuat wanita tersebut merasa percaya diri. Tetapi, apa jadinya jika ibu hamil yang menggunakan sepatu hak tinggi?

Pada dasarnya, penggunaan sepatu hak tinggi akan menimbulkan masalah pada penggunanya dan akan lebih besar lagi pada seorang ibu hamil. Hal inilah yang kemudian membuat para ibu hamil dilarang untuk menggunakan sepatu hak tinggi.

Berikut ini adalah beberapa dampak buruk penggunaan sepatu hak tinggi bagi ibu hamil :
  • Keseimbangan yang Terganggu
Seorang ibu hamil, pasti akan mengalami perubahan titik berat karena perut yang membesar serta peningkatan berat badan. Hal inilah yang kemudian membuat seorang ibu hamil tidak lagi bisa menyeimbangkan dirinya saat berjalan, terlebih lagi ketika dia menggunakan sepatu hak tinggi. Dengan kata lain, ibu hamil yang menggunakan sepatu hak tinggi akan lebih mudah untuk jatuh.
  • Rasa Nyeri pada Punggung
Penambahan berat badan serta perut yang semakin membesar membuat seorang ibu hamil harus selalu berusaha menopang tubuhnya secara seimbang. Hal inilah yang kemudian membuatnya sering merasa nyeri punggung. Selain itu, meningkatnya hormon relaxin yang dihasilkan indung telur juga akan membuat sendi tulang punggung menjadi lebih lunak, mudah longgar dan rusak.

Rasa nyeri punggung ini akan semakin parah ketika ibu hamil tersebut menggunakan sepatu hak tinggi.
  • Kaki yang Membengkak
Penggunaan sepatu hak tinggi pada ibu hamil juga bisa menyebabkan kaki bengkak. Hal ini terjadi karena kaki harus menahan beban tambahan, yang kemudian menyebabkan terjadinya bengkak.

Namun sebenarnya seorang ibu hamil tetap bisa menggunakan sepatu hak tinggi dengan beberapa syarat berikut ini :
  • Jangan Terlalu Sering dan Lama
Agar dampak buruk tersebut tidak Anda alami, ada baiknya jika Anda tidak terlalu sering dan tidak terlalu lama menggunakan sepatu hak tinggi. Gunakan hanya pada sebuah pesta yang tidak akan lama Anda hadiri.
  • Ketinggian
Ketika memilih sepatu hak tinggi, usahakan tinggi haknya tidak lebih dari 4 cm. Jika tidak, maka Anda akan lebih kesulitan saat melangkah.
  • Hak yang Lebar
Untuk menyeimbangkan langkah Anda serta mencegah dampak buruk tersebut, sebaiknya Anda menggunakan sepatu hak tinggi yang penampang alas haknya lebih lebar.

sumber http://kesehatan.segiempat.com/solusi-kesehatan/kesehatan-ibu-dan-anak/dampak-buruk-penggunaan-sepatu-hak-tinggi-saat-hamil/

Belum ada Komentar untuk "Akibat Buruk Penggunaan Sepatu Hak Tinggi Saat Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel