Mengapa Anda Tidak Boleh Parkir Kendaraan di Tempat Panas?


parkir mobil di tempat panas oleh Kesehatan SegiEmpat
Anda sedang mengunjungi sebuah tempat dengan menggunakan mobil. Sesampainya disana, tentu Anda akan menjadi tempat parkiran yang sejuk agar Anda tidak merasa kepanasan ketika kembali ke mobil. Namun apa daya, Anda hanya bisa mendapatkan tempat yang terbuka dan terkena terik matahari langsung.

Setelah kembali dari urusan Anda, Anda mungkin akan merasa kepanasan dan langsung menyalakan penyejuk ruangan agar bisa merasa dingin. Jika Anda memiliki kebiasaan ini, sebaiknya Anda langsung menghentikannya. Selain penggunaan pendingin yang tidak efektif, hal ini juga akan menyebabkan penyakit sesak napas.

dr. Fanda Ayyu, yang merupakan seorang ahli kesehatan yang bertugas di RS Polri Dr. Sukanto Jatinegara mengatakan bahwa, langsung menyalakan AC mobil saat cuaca panas dan mobil diparkir pada tempat yang langsung terkena cahaya matahari bisa menyebabkan masalah pada kesehatan. Hal ini terjadi karena bagian dalam mobil seperti tempat duduk, dashboard dan bagian lainnya akan mengeluarkan benzena, yang merupakan senyawa kimia yang digunakan untuk membuat plastik.

Benzena ini adalah salah satu penyebab sakit kepala, pusing, mengantuk dan gangguan pernapasan. Jadi dengan kata lain, saat panas menyengat, interior mobil yang terbuat dari plastik akan mengeluarkan racun berbahaya.

Ketika Anda semakin alam memarkir mobil pada tempat yang panas, maka interior mobil juga akan semakin panas. Hal inilah yang akan semakin meningkatkan benzena. Ketika Anda tiba-tiba menyalakan AC dan menutup kaca mobil dengan rapat, makan udara yang tidak sehat tadi akan berkumpul dan kemudian diserap oleh tubuh.

Fanda menyarankan “sebaiknya, setelah menyalakan mesin, buka kaca mobil agar udara yang terkurung di dalam bisa berganti dengan udara baru yang lebih segar.”

Masalah ini juga akan terjadi pada seseorang yang menyalakan AC yang terlalu lama pada mobil yang tertutup rapat dan sedang tidak jalan. Karena hal ini akan membuat sirkulasi udara dalam mobil tidak lancar.

Hal ini akan semakin parah ketika sistem pembuangan dalam mobil Anda mengalami kebocoran. Hal ini akan membuat bagian dalam mobil dipenuhi oleh karbonmonoksida, yang merupakan salah salah satu gas penyebab keracunan.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda membiarkan jendela mobil Anda terbuka pada saat Anda beristirahat, meskipun hanya sedikit. Cara ini akan membuat sirkulasi udara menjadi lebih lancar. Selain itu, Anda juga tidak boleh menyalakan mobil dalam ruangan tertutup dalam jangka waktu yang lama.

sumber http://kesehatan.segiempat.com/hasil-penelitian/mengapa-anda-tidak-boleh-memarkir-kendaraan-di-tempat-panas/

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Anda Tidak Boleh Parkir Kendaraan di Tempat Panas?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel