Penyebab Orang Terkena Kanker Paru-Paru

detail beritaArsipSehat ~ NELSON Mandela meninggal dunia karena infeksi paru-paru selama bertahun-tahun. Namun, gangguan pernapasan tidak hanya infeksi paru-paru, melainkan juga terdapat kanker paru-paru yang bisa mematikan.

Para peneliti telah menemukan beberapa penyebab dari kanker paru-paru dan kebanyakan karena penggunaan tembakau. Berikut ini beberapa penyebab dari kanker paru-paru, seperti dilansir Blackdoctor.

Kebiasaan merokok
Merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru karena zat berbahaya seperti karsinogen dalam tembakau dapat merusak sel-sel di paru-paru. Seiring dengan berjalannya waktu, sel-sel yang rusak tersebut dapat berubah menjadi kanker. Oleh sebab itu, sangat dipengaruhi kapan seseorang memulai merokok. Selain itu, kanker paru-paru juga bisa dikaitkan dengan berapa lama seseorang telah merokok, jumlah rokok yang dihisap per hari, dan seberapa dalam perokok menghirupnya. Jadi, berhenti merokok sangat mengurangi risiko seseorang untuk mengembangkan kanker paru-paru.

Cerutu dan pipa 
Perokok dengan pipa cerutu memiliki risiko lebih tinggi kena kanker paru-paru dibanding bukan perokok. Seberapa lama seseorang sudah merokok, jumlah pipa dan cerutu yang dihisap per hari, dan seberapa dalam seseorang menghisap cerutu memengaruhi risiko kanker paru-paru.

Lingkungan asap tembakau 
Lingkungan dengan asap tembakau sangat dimungkinkan membuat seseorang mengembangkan kanker paru-paru. Hal ini juga termasuk ketika Anda sedang berada dekat dengan orang yang merokok, meskipun bukan perokok. (tty)

sumber: http://health.okezone.com/read/2013/12/06/482/908291/penyebab-orang-kena-kanker-paru-paru

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Orang Terkena Kanker Paru-Paru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel