Batasi Gula Hanya 5 Sendok Teh Perhari

http://arsipsehat.blogspot.com/2014/01/batasi-gula-hanya-5-sendok-teh-perhari.html
ArsipSehat ~ WHO mengeluarkan pedoman asupan gula harian bagi orang dewasa. Orang dewasa disarankan untuk mengurangi asupan gula setengah dari asupan sebelumnya, yakni dari sepuluh persen menjadi lima persen. Jumlah itu setara dengan lima sendok teh.

Para ahli sedang mempertimbangkan untuk membatasi asupan gula harian dari sepuluh sendok teh menjadi lima sendok teh. Hal itu karena asupan gula berlebih terkait dengan penyakit jantung, obesitas, dan kerusakan gigi. Kebijakan ini tentu saja akan mempengaruhi perusahaan-perusahaan makanan. Pasalnya mereka harus mengurangi komposisi gula, yang bisa saja membengkakkan biaya produksi dan membuat produk mereka tidak populer di kalangan konsumen.

Perlu diketahui bahwa satu kaleng Cola mengandung sepuluh sendok teh gula. Sebungkus permen coklat Mars mengandung lima sendok teh gula. Semangkuk sereal Coco Pops mengandung 4 sendok teh gula. Sedangkan beberapa makanan siap saji lainnya mengandung 8 sendok teh gula.

Philip James, pimpinan International Association for the Study on Obesity yang bekerja sama dengan WHO menuturkan bahwa anjuran tersebut dapat menuai banyak protes. "Industri makanan akan melakukan segala cara untuk menghancurkan anjuran ini," ujarnya.

Panduan itu menganjurkan untuk mengurangi jumlah gula yang ditambahkan ke dalam makanan, termasuk yang secara alami ada pada buah-buahan maupun pati, dari sepuluh persen menjadi lima persen per hari. Kebijakan ini hampir pasti akan diadopsi oleh Departemen Kesehatan namun sulit diterima oleh pelaku industri makanan.

Profesor Shrinath Reddy, seorang kardiologis di Harvard School of Public Health yang juga anggota WHO mengatakan ia juga setuju dengan jumlah rekomendasi itu. Pasalnya sudah ada studi yang membuktikan bahwa ada hubungan antara konsumsi minuman dan makanan manis tinggi gula terhadap obesitas, diabetes, dan bahkan gangguan jantung.

"Saya akan setuju terhadap rekomendasi untuk mengurangi (asupan gula) 5%," ujar Reddy sebagaimana dikutip dari Daily Mail, Selasa (31/12/2013).

"Ada bukti luar biasa yang menghubungkan antara konsumsi minuman manis bergula dan konsumsi gula lainnya dengan obesitas, diabetes, dan bahkan gangguan jnatung," tambahnya.

Usulan pengurangan batas asupan gula ini diambil berdasar hasil penelitian Profesor Paula Moynihan, ahli gizi dan kesehatan mulut di Newcastle University. Penelitian Moynihan kala itu hanya memfokuskan pengurangan gula untuk menjaga kesehatan gigi. Ia telah melakukan analisis terhadap 55 studi kesehatan gigi yang dilakukan mulai dari tahun 1950-an sampai sekarang.

Berdasarkan data tersebut, para ilmuwan merekomendasikan konsumsi gula maksimal 5 sendok teh setiap hari untuk menghindari terbentuknya karies gigi. Sedangkan ilmuwan lain menyetujui usulan ini karena konsumsi gula berlebih terkait dengan berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan gangguan jantung.

Namun usulan pengurangan batasan asupan gula ini bukan perkara yang mudah. Makanan dan minuman bergula telah menjadi sesuatu yang pokok dalam menu harian penduduk negara industri. WHO masih akan mempertimbangkan usulan ini beberapa bulan ke depan sebelum mengambil keputusan final.

Sementara itu anjuran 5 sendok makan gula sehari ini masih manuai kontroversi, terutama dari pelaku industri pangan. Salah seorang juru bicara mengungkap bahwa tidak ada data yang menunjukkan bahwa mengurangi asupan gula akan bermanfaat bagi kesehatan. Menurut juru biacara itu, anjuran itu hanya berdasar pada penelitian berkualitas rendah.

Kellogg, perusahaan manufaktur makanan multinasional asal Amerika pernah mengklaim bahwa tingginya asupan gula tidak berhubungan dengan obesitas. Pada web Coco Pops, salah satu anak perusahaan, mereka mengklaim: "Sekelompok ahli kesehatan dunia baru-baru ini meninjau semua bukti, dan menyimpulkan bahwa tingginya asupan gula tidak berhubungan dengan obesitas atau perkembangan penyakit lain seperti jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, atau kanker."

Pada web tersebut mereka juga menulis bahwa terlalu banyak gula juga tidak berhubungan dengan perilaku hiperaktif anak-anak. Tentu saja hal tersebut bertentangan dengan hasil penelitian para ilmuwan. Karena mengklaim hal itu dalam webnya, tahun lalu Kellogg sempat mendapat kritik dari sebuah badan standar iklan.
 

sumber: http://health.detik.com/read/2013/12/31/190041/2455470/766/batasi-gula-hanya-5-sendok-teh-per-hari-agar-jantung-sehat?l992205755

Belum ada Komentar untuk "Batasi Gula Hanya 5 Sendok Teh Perhari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel