Cara Menjaga Kesehatan Selama Liburan

Cara Menjaga Kesehatan Selama Liburan

mencegah sakit saat libur oleh Kesehatan SegiEmpat Libur panjang telah tiba. Hal itu berarti bahwa sudah bisa melepaskan diri sejenak dari rutinitas setiap hari. Namun yang menjadi masalah adalah ketika Anda justru sakit pada saat melakukan liburan, sehingga tidak bisa menikmati liburan dengan semestinya. Hal ini akan semakin parah karena cuaca yang tidak menentu setiap harinya.


Oleh karena itu agar kesehatan Anda tetap terjaga selama liburan, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan :



  • Menghindari Kontak dengan Orang yang Sedang Sakit


Jika keadaannya tidak terlalu penting, sebaiknya Anda menjaga agar tidak bersentuhan dengan orang yang sakit. Hal ini menjadi penting untuk menjaga agar Anda tidak tertular dengan penyakit tersebut. Terlebih lagi jika ternyata Anda memiliki penyakit ataupun kondisi yang bisa meningkatkan resiko untuk terkena flu seperti diabetes atau sedang hamil.



  • Melakukan Vaksinasi Flu


Ada baiknya jika Anda melakukan suntik vaksin, maksimal dua pekan sebelum liburan untuk mencegah penularan virus flu. Hal tersebut karena virus membutuhkan waktu dua pekan untuk meningkatkan imunitas setelah disuntikkan. Namun hal ini juga tidak menjamin bahwa Anda akan terbebas dari flu. Oleh karena itu, Anda juga harus rajin mencuci tangan serta melakukan perlindungan lain.



  • Melakukan Kebiasaan yang Sehat


Beberapa pola hidup sehat yang bisa menjaga tubuh Anda dari perubahan cuaca adalah berolahraga dengan teratur, mengkonsumsi makanan yang sehat serta mendapatkan istirahat yang cukup. Selain itu, Anda juga harus menghindari rokok. Anda tidak boleh bergantung pada suplemen.



  • Rajin Mencuci Tangan


Untuk mencegah penyebaran kuman pada diri sendiri dan orang lain, sebaiknya Anda selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Kalaupun Anda tidak mendapatkan air dan sabun, Anda bisa menggunakan tissue basah atau pembersih lain yang mengandung alkohol. Karena alkohol berguna untuk mematikan kuman.



  • Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah


Meskipun kelihatannya biasa saja, namun ketika Anda sering menyentuh wajah maka Anda lebih beresiko untuk terkena atau menyebarkan virus atau bakteri penyebab penyakit. Karena pada saat Anda menyentuh mata, hidung dan mulut, yang merupakan membran lendir, maka pada saat itu jugalah virus atau bakteri penyebab infeksi akan menular. Oleh karena itu, sebisa mungkin, hindarilah untuk menyentuh wajah.




sumber http://kesehatan.segiempat.com/tips-kesehatan-2/cara-menjaga-kesehatan-selama-liburan/

Belum ada Komentar untuk "Cara Menjaga Kesehatan Selama Liburan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel