Waspada, Pembuluh Darah Bisa Menyempit oleh Makanan Asam

makanan penyebab penyempitan pembuluh darah oleh Kesehatan SegiEmpat

makanan penyebab penyempitan pembuluh darah oleh Kesehatan SegiEmpat Sifat asam-basa pada senyawa yang biasa terjadi pada reaksi kimia ternyata tidak hanya terjadi pada alam semesta, tapi juga bisa terjadi di dalam tubuh manusia. Adapun hal yang menyebabkan reaksi asam basa dalam tubuh manusia adalah makanan yang dikonsumsi.


Namun asam-basa pada makanan tidak bisa ditentukan dari rasa makanan tersebut, melainkan bagaimana makanan tersebut bisa mempengaruhi pembuluh darah. Selain itu, sifat asam-basa dari makanan juga tidak dipengaruhi oleh bentuk dan warna. Hal yang menentukan sifat asam-basa dari sebuah makanan adalah bahan pembentuk dari makanan tersebut.


Makanan pembentuk asam dalam tubuh adalah makanan yang mengandung hidrat arang atau karbohidrat. Dimana makanan ini biasanya terdapat pada makanan pokok seperti nasi, jagung, sagu, kentang, mie, ubi, susu, ikan, daging unggas, gading sapi dan daging kambing. Sedangkan makanan yang bisa membentuk asam pada tubuh adalah buah-buahan dan sayuran seperti jeruk nipis, kiwi, nanas, strawberry, bayam, kangkung, tahu, tempe dan wortel.


Andang Widhawari Gunawan, yang merupakan seorang ahli terapi nutrisi mengungkapkan “tidak perlu repot dihafalkan, yang penting hampir semua sayuran dan buah yang tinggi kandungan airnya itu adalah makanan pembentuk basa dan semua makanan yang tinggi protein termasuk dalam makanan pembentuk asam.”


Lebih lanjut beliau menerangkan “iya, jadi dari teori kedokteran darah kita itu bekerja dengan normal kalau pH-nya di titik 7,4-7,6, lebih spesifik lagi di titik 7,369. Baru darah kita itu bisa bekerja dengan normal, kekentalannya bagus. Jadi kalau dia kekentalannya normal berarti oksigen normal, soalnya kalau aliran darah lancar kan berarti aliran oksigen juga lancar.”


Andang kemudian melanjutkan, saat keadaan pembuluh darah sedang sehat, yang biasa ditandai dengan keadaan yang bersih dan tipis, maka aliran sari makanan serta oksigen juga akan lancar. Sedangkan jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung bakteri atau tidak diperlukan tubuh, maka darah akan menjadi asam.


Saat darah menjadi asam, tubuh akan memproduksi protein yang bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit dan aliran darah menjadi lebih cepat. Sebaiknya Anda berhati-hati dengan proses ini karena proses ini akan berjalan dengan waktu yang lama sehingga Anda tidak akan merasakan hingga akhirnya sudah parah. Salah satu gejala pembuluh darah menyempit adalah ketika Anda mulai merasakan pegal-pegal.




sumber http://ift.tt/1d56yAf

Belum ada Komentar untuk "Waspada, Pembuluh Darah Bisa Menyempit oleh Makanan Asam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel