Gejala dan Pengobatan Batu Ginjal

gejala dan pengobatan batu ginjal oleh Kesehatan SegiEmpat
Batu ginjal adalah suatu mineral yang memiliki sifat keras yang berbentuk kristal dan terbentuk di dalam saluran kencil atau ginjal. Batu ginjal adalah salah satu penyebab terjadinya rasa sakit dan nyeri pada daerah perut, selangkangan dan panggul.

Nama lain dari batu ginjal adalah renal calculi atau nephrolithiasis. Batu ginjal terjadi sebagai akibat dari adanya sebuah massa keras seperti batu yang terbentuk pada saluran kemih. Penyakit ini bisa terjadi di kandung kemih dan juga ginjal dan bisa menimbulkan infeksi atau penyumbatan.

Batu ginjal terbentuk karena adanya kelebihan senyawa di dalam urin atau adanya pengurangan volume di dalam urin. Biasanya, batu ginjal yang paling sering terbentuk adalah kombinasi dari kalsium dan phospate atau oxalate. Selain itu, senyawa kimia lain yang menyebabkan terjadinya batu ginjal adalah amino acid cystine dan uric acid atau yang lebih dikenal dengan nama asam urat.

Hal lain yang bisa menyebabkan terjadinya batu ginjal adalah aktivitas fisik yang terlalu berat tanpa penggantian dan juga berkurangnya cairan tubuh yang masuk sehingga menyebabkan terjadinya dehidrasi. Selain itu, hambatan pada aliran air seni juga dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal. Batu ginjal yang kemudian terbentuk akan menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran kencing.

Orang-orang yang lebih beresiko terkena batu ginjal adalah kaum pria serta orang-orang yang memiliki kulit putih. Selain itu, pria yang usianya telah mencapai usia empat puluh tahun juga lebih beresiko untuk terkena batu ginjal. Dan penyakit ini akan semakin berkembang saat pria tersebut telah berusia tujuh puluh tahun. Selain itu seseorang yang memiliki penyakit batu ginjal biasanya akan lebih beresiko untuk mengembangkan lebih banyak batu ginjal. Penyakit batu ginjal juga lebih beresiko menyerang orang-orang yang memiliki sejarah batu ginjal dalam keluarganya.

Adapun gejala-gejala yang ditunjukkan jika seseorang memiliki batu ginjal pada tubuhnya adalah demam, menggigil, perut menggelembung, mual, muntah, nyeri punggung, nyeri pada perut bawah dan terdapat darah di dalam air seni. Untuk mencegah dan mengobati penyakit ini, sebaiknya Anda mengkonsumsi air mineral agar batu yang terdapat pada ginjalbisa hancur dan terbuang.

sumber http://ift.tt/1jPktzI

Belum ada Komentar untuk "Gejala dan Pengobatan Batu Ginjal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel