Gejala dan Pengobatan Batuk Rejan

Oleh SegiEmpat


gejala dan pengobatan batuk rejan oleh Kesehatan SegiEmpat Batuk rejan adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami infeksi pada saluran pernapasannya (dalam hal ini paru-paru) sehingga orang tersebut akan terus menerus batuk selama beberapa lama. Infeksi yang terjadi pada penderita batuk rejan disebabkan oleh bakteri Bordetella pertussis.


Jenis batuk ini sangat mudah untuk menular, salah satunya adalah dari ludah yang keluar saat penderitanya bersin atau batuk. Selain itu, bakteri dari penyakit ini juga akan menyebar saat tangan yang telah terkontaminasi oleh bakteri penyebab batuk rejan melakukan kontak dengan hidung orang lain. Oleh karena itu, sebaiknya Anda sangat berhati-hati jika ada seseorang di lingkungan Anda yang mengalami gangguan kesehatan ini. Bakteri dari penyakit ini juga bisa menular melalui udara. Yaitu ketika Anda berada pada lingkungan yang di dalamnya terdapat penderita batuk rejan. Ketika dia bersin atau batuk, maka bakteri akan keluar dan mungkin saja tidak sengaja Anda hisap sehingga Andapun bisa terkena penyakit ini. Selain bakteri Bordetella pertussis, bakteri lain yang menyebabkan penyakit ini adalah Bacterium Bordetella.


Bagi Anda yang berada di lingkungan atau rumah yang di dalamnya ada orang yang mengalami batuk rejan, sebaiknya Anda sangat berhati-hati. Karena Anda memiliki resiko sebesar 70 % untuk tertular dari penyakit ini. Hal ini juga menjadi sangat penting terutama bahwa Anda yang memiliki bayi yang berusia dibawah 6 bulan. Karena hal ini dapat menyebabkan masalah serius bagi bayi Anda.


Penyakit ini tidak memandang umur, bisa menyerang siapa saja, baik itu anak-anak ataupun orang dewas. Penderita batuk ini biasanya tida kan terlihat sakit parah tapi mereka mengalami batuk hingga beberapa minggu. Jika Anda mengalami keluarga yang terlihat mengalami batuk ini, sebaiknya Anda segera melarikannya ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius. Dan jika Anda memiliki anak kecil, sebaiknya Anda memberikan kepadanya imunisasi agar dia bisa terhindar dari dampak serius dari batuk rejan.


Adapun gejala dari batuk rejan adalah pilek ; bersin ; mata merah dan berair ; demam ; dan batuk kering. Jika Anda masih memiliki bayi, sebaiknya Anda memberikannya imunisasi saat dia berusia 2, 4, 6 dan 18 bulan serta saat dia berusia 4 hingga 6 tahun. Dan jika ada keluarga Anda yang mengalami batuk ini, sebaiknya Anda segera membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.


Artikel Gejala dan Pengobatan Batuk Rejan adalah hak cipta SegiEmpat.




sumber http://ift.tt/1iEL3xn

Belum ada Komentar untuk "Gejala dan Pengobatan Batuk Rejan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel