Gejala dan Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

gejala dan pengobatan infeksi saluran kemih oleh Kesehatan SegiEmpat
Infeksi saluran kemih adalah salah satu jenis infeksi yang paling menyerang seseorang. Infeksi saluran kemih ini biasanaya terjadi pada kandung kemih atau bladder, saluran kencing bagian luar atau uretra, dan saluran ginjal atau ureter. Infeksi yang menyerang saluran kandung kemih disebut dengan sistits sedangkan infeksi yang menyerang saluran ginjal disebut dengan pielonefritis.

Adapun bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih ini adalah Escherichia coli (E. Coli). Bakteri inidapat ditemukan pada kotoran manusia dan akan berkembang biak di dalam usus besar. Satu hal yang perlu Anda ingat adalah seorang wanita akan lebih mudah untuk terkena infeksi saluran kemih daripada seorang pria. Hal ini karena saluran kencing atau uretra yang dimiliki oleh wanita lebih pendek daripada saluran kencing yang dimiliki oleh seorang pria. Hal inilah yang membuat bakteri menjadi lebih mudah untuk menjangkau uretra wanita. Selain itu, infeksi saluran kemih ini juga disebabkan oleeh adanya batu pada saluran kencing yang kembuat membuat kuman akan tertahan di dalam saluran kencing. Tapi kemudian jika Infeksi saluran kemih sudah lebih parah, maka hal tersebut juga akan menimbulkan batu pada saluran kemih.

Bakteri E. Coli, yang merupakan penyebab dari infeksi saluran kencing ini akan menempel lalu kemudian berkembang biak di dalam saluran kencing. Jika tidak ditangani dengan cepat, maka penyakit ini akan menjalar ke ginjal sehingga menyebabkan masalah pada ginjal. Meskipun penyakit ini lebih sering menyerang para wanita, tapi pria juga masih beresiko untuk mengalami penyakit ini.

Gejala paling umum dari penyakit ini adalah Anda harus lebih sering buang air kecil atau sering merasa kebelet, perasaan terbakar saat buang air kecil serta rasa nyeri pada kelamin. Selain itu, jika penderitanya mengalami pielonefritis, maka dia akan mengalami demam, mual, muntah dan nyeri panggul. Seringkali air kencing juga akan mengeluarkan darah dan nanah.

Pengobatan penyakit infeksi saluran kemih ini biasanya adalah dengan memberikan antibiotik untuk meredakan sensasi terbakar serta keinginan untuk selalu buang air kecil.


sumber http://ift.tt/1iYto3H

Belum ada Komentar untuk "Gejala dan Pengobatan Infeksi Saluran Kemih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel