Hal-Hal yang Menyebabkan Keputihan

hal yang menyebabkan keputihan oleh Kesehatan SegiEmpat
Salah satu masalah wanita adalah keputihan. Dan hal tersebut membuat wanita ingin mengetahui hal yang menyebabkan keputihan. Keputihan sendiri adalah suatu keadaan dimana vagina mengeluarkan lendir yang kental yang berwarna putih. Untuk keputihan yang terjadi karena infeksi, biasanya wanita tersebut akan mengalami rasa gatal pada daerah bibir vaginanya serta rongga bagian dalam vagina. Selain itu, keputihan juga bisa terjadi karean adanya parasit, virus, bakteri dan jamur. Masalah infeksi keputihan ini kemudian bisa menjalar pada saluran kemih dan menimbulkan radang. Hal inilah yang bisa membuat Anda merasa pering saat sedang buang air kecil.

Oleh karena itu, Anda harus menjaga agar kebersihan vagina tetap terjaga dan terawat. Karena jika tidak, maka hal tersebut akan mengakibatkan terjadinya masalah, salah satunya adalah keputihan. Dan ketika keputihan telah menjadi hal yang tidak normal, maka hal tersebut pasti akan mengganggu kehidupan seks orang tersebut.

Keputihan sendiri adalah suatu keadaan dimana vagina mengeluarkan cairan secara berlebihan. Hal ini biasanya akan diikuti oleh bau tidak sedap, rasa terbakar pada bibir vagina, rasa gatal serta terasa nyeri saat Anda buang air kecil ataupun melakukan hubungan seks.

Beberapa tanda keputihan yang tidak normal adalah perubahan warna dan bau cairan. Cairan yang keluar bisa menjadi berwarna putih, kental, kehijauan, kekuningan dan juga keabuan. Sedangkan untuk bau, keputihan bisa mengeluarkan bau seperti ikan mentah ataupun telur busuk.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan keputihan :
  • Terganggunya keseimbangan pH vagina karena penggunaan sabun pencuci vagina.
  • Konsumsi antibiotik ataupun streoid dalam jangka waktu yang lama sehingga menyebabkan jamur tumbuh subur dan bakteri yang menjaga keseimbangan pH mati.
  • Ketidakseimbangan hormon dan pH karena konsumsi pil KB.
  • Infeksi dari vaginosis bakterial, yang sering terjadi pada wanita yang sering berganti pasangan hubungan intim atau wanita hamil.
  • Kadar gula darah yang terlalu tinggi sehingga menyebabkan bakteri tumbuh subur di vagina.
  • Wanita yang mengalami kanker leher rahim.
  • Wanita yang mendapatkan penyakit menular seksual seperti gonorea atau klamidia.
  • Terjadinya infeksi pada panggul yang biasanya terjadi karena operasi.
  • Terkena penyakit radang panggul.
  • Infeksi parasit oleh trikomoniasis, yang terjadi karena seks bebas.
  • Terjadinya kekeringan dan penipisan pada dinding vagina karena menopause atau atrofi vagina.
sumber http://ift.tt/R4XsAZ

Belum ada Komentar untuk "Hal-Hal yang Menyebabkan Keputihan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel