Gejala, Pencegahan dan Pengobatan Polio

Oleh SegiEmpat


penyakit polio oleh Kesehatan SegiEmpat Penyakit polio adalah salah satu jenis penyakit yang harus diwaspadai. Hal ini karena penyakit ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami kelumpuhan. Penyakit ini disebabkan oleh virus polio. Penyakit ini adalah salah satu penyakit menular dan tidak mengenal batasan usia. Namun penyakit ini paling sering menyerang anak-anak berusia 3 hingga 5 tahun.


Virus polio adalah virus yang tahan dengan lisol dan alkohol dan suhu yang dingin atau dalam keadaan beku. Namun virus ini akan mati ketika terkena larutan klor, formaldehide dan suhu yang tinggi. Selain itu, virus polio juga bisa hidup di dalam kotoran penderitanya selama 100 hari. Virus ini juga bisa hidup pada air permukaan dan air limbah.


Penyakit ini akan menyebar lewat kontaminasi kotoran, terlebih lagi pada lingkungan yang sistem pembuangannay buruk. Selain itu, penyakit ini juga bisa menyebar dari tinja penderitanya ke mulut orang sehat atau dari air liur penderitanya kepada orang sehat.


Virus polio yang masuk ke dalam tuubh akan mengalami masa inkubasi selama 5 hingga 35 hari. Setelah itu, virus ini akan berkembang pada saluran cerna bagian dalam atau dinding leher. Setelah itu, virus ini akan masuk ke jaringan getah bening, lalu menyebar ke aliran darah, baru kemudian masuk ke jaringan saraf. Penyakit ini akan membuat pertumbuhan tubuh penderitanya menjadi tidak simetris.


Biasanya penyakit ini akan dimulai dengan demam, muntah, merasa lemah dan nyeri kepala. Setelah itu, penderitanya akan merasa kaku pada punggung dan lehernya. Penderitanya juga akan merasa cemas dan mengantuk. Seringkali penderitanya juga akan mengalami nyeri otot ringan dan kaku otot. Kalaupun terjadi kelumpuhan, maka biasanya hal tersebut terjadi sesudah penderitanya mengalami nyeri kepala. Jangka waktunya adalah beberapa detik hingga beberapa hari kemudian. Biasanya kelumpuhan akan dimulai pada salah satu tungkai.


Salah satu cara untuk mencegah penyakit polio adalah dengan memberikan imunisasi saat kecil. Pemberian imunisasi akan membut tubuh penderitanya menjadi kebal terhadap penyakit tersebut. Selain itu, Anda harus menjaga kebersihan diri sendiri, kebersihan lingkungan dan meningkatkan sanitasi. Bisa dibilang bahwa pengobatan penyakit polio sangat rumit. Salah satu adalah dengan melakukan terapi ortopedi dan fisioterapi.


Artikel Gejala, Pencegahan dan Pengobatan Polio adalah hak cipta SegiEmpat.




sumber http://ift.tt/1iKakSs

Belum ada Komentar untuk "Gejala, Pencegahan dan Pengobatan Polio"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel