Gejala, Pencegahan dan Pengobatan Sembelit

Oleh SegiEmpat


gejala dan pencegahan sembelit oleh Kesehatan SegiEmpat Salah satu masalah pencernaan yang pastinya akan sangat mengganggu Anda adalah masalah sembelit. Sembelit atau konstipasi adalah suatu keadaan dimana tinja atau kotoran yang akan dikeluarkan dari tubuh mengalami pengerasan yang berlebihan. Hal inilah yang kemudian membuatnya sulit untuk dikeluarkan dari tubuh. Dan ketika penderitanya akan mengeluarkannya, maka dia akan merasakan kesakitan yang begitu hebat. Tapi, banyak juga yang mengatakan bahwa sembelit itu adalah saat dimana seseorang mengalami kesulitan untuk mengeluarkan tinja atau kotoran yang merupakan zat sisa metabolisme tubuhnya. Namun pada intinya disini adalah, sembelit terjadi saat seseorang memiliki tinja yang keras sehingga membuatnya sulit untuk dikeluarkan.


Dalam dunia kesehatan sendiri, konstipasi atau sembelit adalah suatu keadaan dimana perut atau lambung memiliki masalah. Atau dengan kata lain, sembelit adalah suatu penyakit yang sering terjadi pada perut, khusus bagian usus yang menangani sistem perncernaan. Penyebab utama terjadinya sembelit ini adalah jika penderitanya tidak mencukupi kebutuhan air mineralnya dan juga tidak mendapatkan asupan makanan berserat yang cukup.


Hal lain yang kemudian membuat keadaan sembelit menjadi semakin parah adalah usia yang semakin lanjut, stres, depresi dan kurangnya aktifitas fisik. Mungkin sembelit terlihat sebagai penyakit yang sepele dan tidak terlalu berbahaya. Namun jika hal ini telah terjadi selama tiga pekan atau lebih, maka pastilah akan menimbulkan bahaya bagi tubuh. Dan akan lebih berbahaya lagi jika tubuh juga mengalami penurunan berat badan.


Selain itu Anda juga bisa membayangkan, bagaimana kotoran tersebut, yang merupakan zat sisa metabolisme yang harusnya telah dibuang dan dikeluarkan oleh tubuh, ternyata masih tersimpan di dalam tubuh. Hal ini kemudian membuat air yang terkandung di dalam kotoran diserap oleh usus. Dan hal ini terus menerus dibiarkan, makan hal tersebut akan menyebabkan terjadinya kanker usus, yang merupakan salah satu penyakit yang berbahaya.


Adapun gejala sembelit yang paling mudah terlihat adalah kesulitan membuang air besar, perut akan terasa mulas dan kadang-kadang juga perut akan terasa nyeri.


Adapun cara mencegah sembelit adalah dengan mencukupi kebutuhan air putih, mengkonsumsi makanan berserat tinggi, rajin berolahraga serta menghindari stres. Namun jika Anda terlanjur terkena sembelit, Anda bisa mengkonsumsi minuman probiotik yang bisa melancarkan pencernaan.


Artikel Gejala, Pencegahan dan Pengobatan Sembelit adalah hak cipta SegiEmpat.




sumber http://ift.tt/1iUo9mi

Belum ada Komentar untuk "Gejala, Pencegahan dan Pengobatan Sembelit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel