Beberapa Faktor Penyebab Sembelit Saat Puasa

Oleh SegiEmpat


penyebab sembelit saat puasa oleh Kesehatan SegiEmpat Salah satu masalah yang sering terjadi saat seseorang sedang berpuasa adalah sembelit atau susah buang air besar. Hal itu kemudian membuat kita bertanya-tanya, kenapa banyak orang yang mengalami sembelit saat puasa. Apa saja faktor penyebab sembelit saat puasa? Padahal seharusnya puasa membuat seseorang menjadi lebih sehat.


Sebenarnya, sembelit terjadi karena pola hidup yang dijalankan oleh orang yang sedang berpuasa. Pola hidup tidak sehat adalah penyebab hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab sembelit saat puasa:




  • Kekurangan Cairan




Menjalankan ibadah puasa membuat seseorang menahan lapar dan hausnya selama beberapa jam. Tapi hal itu tidak berarti bahwa harus kekurangan cairan dalam tubuhnya. Saat sedang berpuasa, Anda tetap menjaga asupan cairan dalam tubuh agar tubuh bisa bekerja dengan optimal. Anda bisa mencukupi kebutuhan cairan saat sahur, buka puasa, setelah Shalat Magrib dan Tarawih.




  • Kebutuhan Serat yang Tidak Terpenuhi




Selain mencukupi kebutuhan tenaga dari karbohidrat atau protein, sebaiknya Anda juga mengkonsumsi serat saat sahur dan berbuka. Mencukupi kebutuhan serat akan membantu Anda untuk melancarkan buang air besar. Anda bisa mendapatkan manfaat serat dari apel, beras merah, bayam segar, pepaya dan apel.




  • Tidak Banyak Bergerak




Banyak orang yang malas bergerak saat berpuasa karena takut kehabisan energi. Padahal bergerak membuat metabolisme tubuh tetap aktif sehingga membuat pencernaan lancar. Anda tidak perlu melakukan gerakan yang menghabiskan energi, yang penting adalah Anda harus tetap aktif. Contohnya adalah jalan-jalan sore.




  • Mengkonsumsi Makanan Hasil Olahan atau yang Digoreng




Makanan hasil olahan seperti kue, roti dan mie serta gorengan adalah makanan yang bisa menyebabkan sembelit. Hal ini karena makanan tersebut dapat menyebabkan tingginya kadar gula dalam tubuh serta panas dalam. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi kedua jenis makanan tersebut dan memperbanyak sayuran dan buah.




  • Konsumsi Kalsium yang Terlalu Banyak




Konsumsi kalsium terlalu banyak yang tidak dibarengi dengan magnesium akan menyebabkan penumpukan kalsium dalam tubuh sehingga menyebabkan pencernaan terhambat dan sembelit. Saat Anda mengkonsumsi kalsium, sebaiknya Anda juga mengkonsumsi magnesium agar kalsium tidak terlalu banyak diserap oleh ginjal.


Artikel Beberapa Faktor Penyebab Sembelit Saat Puasa adalah hak cipta SegiEmpat.




sumber http://ift.tt/WexPAb

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Faktor Penyebab Sembelit Saat Puasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel