Kamis, 07 Agustus 2014

Khasiat-Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan

AhmadKamis, 07 Agustus 2014 0 comments

Oleh SegiEmpat


Foto Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Oleh Unik SegiEmpat Apa hal pertama yang Anda pikirkan tentang bawang merah? Rempah-rempah? Bumbu masak? Ataukah tanaman berumbi? Ya, bawang merah merupakan salah satu rempah-rempah yang memang dikenal memiliki aroma sedap ketika digunakan sebagai bumbu dasar dalam berbagai hidangan Indonesia. Namun tahu kah Anda? Tanaman berumbi ini ternyata juga memiliki fungsi lain yang tak kalah positifnya dengan beberapa fungsi seperti yang telah disebutkan di atas. Sebab bawang merah ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan kita semua. Bawang merah dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit-penyakit yang tergolong ringan hingga yang amat parah. Wah? Hebat sekali bukan? Lantas apa saja manfaat bawang merah untuk kesehatan? Yuk, intip ulasan lengkapnya berikut ini.



1. Meringankan Penyakit Asma


Salah satu manfaat besar bawang merah bagi kesehatan adalah dapat meringankan penyakit asma. Ya, fungsi tersebut didapatkan dari kandungan antihistamin dalam bawang merah. Antihistamin sendiri merupakan sebuah senyawa yang terbentuk dari sebuah senyawa bernama quercetin. Quercetin mampu melepaskan histamin yang tak lain adalah penyebab terjadinya alergi. Selain itu, quercetin juga berfungsi mampu memperlebar pernafasan seseorang sehingga kandungan ini mampu meringankan penyakit asma yang diderita oleh seseorang.



2. Mampu Mengurangi Resiko Kanker


Bukan hanya itu, bawang merah ternyata juga mampu mengurangi resiko kanker. Dan fungsi tersebut akan semakin kuat dan berpengaruh jika dikombinasikan menggunakan kunyit. Setidaknya, hal tersebut telah dibukikan dengan hasil eksperimen dari Clinical Gastroenterology yang menyatakan bahwa kombinasi antara bawang merah dan kunyit dapat mengurangi ukuran dan jumlah induk kanker di dalam kasus kanker usus. Selain mampu mengurangi resiko terkena kanker, bawang merah juga dapat membantu berlangsungnya proses detoks karsinogen potensial. Hal ini disebabkan lantaran bawang merah memiliki sebuah komponen bernama organosulfur yang berada di dinding-dinding sel bagian dalam.



3. Mampu Mengontrol Gula Darah


Manfaat lain yang didapatkan dari bawang merah adalah dapat menurunkan level glukosa. Hal tersebut dikarenakan bawang merah mengandung sejenis minyak bernama alyl propyl disulphide yang diketahui dapat digunakan sebagai obat diabetes dan juga mampu mengurangi tingkay gula darah dalam tubuh dengan cara menambah jumlah insulin yang berbeda-beda.



4. Menjaga Kesehatan Jantung


Selain itu, bawang merah juga dapat membantu mengurangi hipertensi karena kandungan quercetin yang ada di dalamnya, Selain berfungsi untuk memperlebar pernafasan, quercetin ternyata juga diketahui dapat mengurangi tekanan darah bagi para penderita hipertensi. Setidaknya, statement tersebut semakin diperkuat dengan catatan “The Journal of Nutrition” yang menyebutkan bahwa quercetin dapat digunakan untuk mempertahankan tekanan darah agar tetap normal, mencegah pembuluh arteri agar tidak mengeras serta mempertahankannya agar tetap elastis.



5. Mencegah Gigi Busuk


Satu lagi fungsi bawang merah yang tak kalah positifnya dengan fungsinya yang lain, yakni dapat mencegah terjadinya gigi busuk. Menurut penelitian, mengunyah bawang merah selama 2-3 menit justru dapat memperkuat gigi dan menghilangkan bakteri-bakteri yang menempel pada gigi dimana bakteri tersebut membuat gigi cepak mengalami pembusukan.


Artikel Khasiat-Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan adalah hak cipta SegiEmpat.




sumber http://ift.tt/1qZnCjK
In Category :

0 comments

Poskan Komentar