Tips Mencegah Terjadinya Cacingan Pada Bayi

Oleh SegiEmpat


Foto Mencegah Cacingan Pada Bayi Oleh Kesehatan SegiEmpat Usia balita merupakan salah satu usia yang paling rentan dengan berbagai macam penyakit. Sebab saat itu, buah hati kita mencoba mengenal berbagai kondisi lingkungan yang ada di sekitarnya, termasuk mainan yang diberikan padanya. Ia akan mencoba berbagai jenis mainan baru yang membuatnya penasaran, termasuk tanah. Seperti yang kita tahu, tanah merupakan salah satu sumber bakteri, kuman dan cacing. Dan tak dapat dipungkiri jika di dalam tanah tersebut terkandung telur cacing yang tak kasat mata lantaran ukurannya yang sangat kecil. Telur-telur cacing tersebut dapat masuk ke dalam tubuh melalui tangan si kecil yang tanpa sepengetahuan kita dimasukkan olehnya begitu saja tanpa mencuci tangan sebelumnya. Dan parahnya, bukan hanya balita, bayi pun juga memiliki peluang yang sama untuk terkena cacingan. Dan apabila hal ini tak diwaspadai sejak dini, maka besar kemungkinan buah hati kita terkena berbagai dampak negatif yang membahayakan tubuhnya serta membuat kecerdasan mentalnya menurun. Wah? Seram juga ya? Oleh sebab itu, mencegah terjadinya cacingan merupakan hal yang terbaik yang harus dilakukan oleh para ibu daripada mengobatinya. Lantas? Bagaimanakah cara paling efektif untuk mencegah terjadinya cacingan pada bayi? Yuk, simak tipsnya berikut ini.



1. Membiasakan Untuk Menjaga Kebersihan Bayi Dan Diri Anda Sendiri


Salah satu poin terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya cacingan pada bayi adalah dengan menjaga kebersihan bayi Anda dan diri Anda sendiri. Caranya cukup mudah, Anda harus benar-benar memastikan perlengkapan dan peralatan bayi Anda selalu dalam kondisi bersih. Apabila memang Anda terburu-buru menggunakannya, maka pastikan jika Anda telah membersihkannya terlebih dahulu. Anda pun juga harus memastikan jika peralatan yang Anda gunakan untuk memberikan ASI dan MPASI juga sudah berasa dalam kondisi bersih dan steril.



2. Pastikan Mainan Bayi Anda Dalam Kondisi Bersih


Bukan hanya peralatan dan perlengkapan bayi saja, Anda pun juga harus memastikan jika benda dan alat permainan yang kerap bayi Anda gunakan sehari-hari selalu dalam kondisi bersih. Apabila memang ia telah memasuki fase oral, maka Anda harus meningkatkan perhatian Anda padanya sebab hal itu akan memperbesar peluang masuknya bakteri dan kuman ke dalam tubuh yang dapat mengganggu pencernaannya.



3. Perhatikan Kebersihan Kuku Bayi


Hal ini merupakan poin terpenting lainnya karena dapat memperbesar peluang masuknya kuman ke dalam tubuh bayi, terutama saat bayi Anda mulai sering memasukkan jari-jarinya ke dalam mulut. Perhatikan secara berkala bagaimana kondisi kukunya, apabila memang kukunya sudah mulai kotor atau panjang, carilah waktu paling tepat untuk memotong dan membersihkannya.



4. Perhatikan Asupan Gizinya


Anda pun juga harus memperhatikan betul makanan dan minuman yang Anda berikan padanya. Ada baiknya jika Anda memilih untuk mengolah makanan untuknya di rumah Anda sendiri. Namun apabila memang bayi Anda masih harus meminum ASI tanpa memiliki makanan pendamping ASI, maka biasakan untuk menjaga kualitas makanan yang Anda konsumsi untuk meningkatkan kualitas ASI.


Artikel Tips Mencegah Terjadinya Cacingan Pada Bayi adalah hak cipta SegiEmpat.




sumber http://ift.tt/1vcR9cL

Belum ada Komentar untuk "Tips Mencegah Terjadinya Cacingan Pada Bayi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel