Senin, 04 Agustus 2014

Waspada! Pekerja Shift Malam Memiliki Resiko Besar Terjangkit Diabetes Tipe 2

AhmadSenin, 04 Agustus 2014 0 comments

Oleh SegiEmpat


Foto Pekerja Shift Oleh Unik SegiEmpat


Shift memang tak pernah lepas dari tanggung jawab seorang pekerja, baik mereka yang bekerja di kantoran, di plant, di minimarket, dan beberapa tempat kerja lainnya yang telah memberlakukan sistem shift. Setiap sekian hari sekali, mereka harus menjalani shift baik pagi ataupun malam guna melaksanakan pekerjaan mereka masing-masing. Orang-orang yang bekerja pada shift pagi boleh jadi memiliki setumpuk pekerjaan yang lebih banyak daripada orang-orang yang bekerja pada shift malam. Namun, mereka lebih beruntung, sebab mereka memiliki potensi terjangkit penyakit diabetes tipe 2 yang lebih kecil daripada para pekerja shift malam. Ya, ternyata shift malam memiliki dampak yang negatif bagi kesehatan kita. Sebab, shift malam memiliki resiko terkena diabetes tipe 2 jauh lebih besar.


Diabetes tipe 2 memang kerap menjangkit orang-orang yang mengalami obesitas, namun hasil penelitian yang baru saja dipublikasikan dalam Occupational and Environmental Medicine menyatakan bahwa penyakit yang cukup mematikan ini ternyata juga berpeluang besar menjangkit orang-orang yang kerap bekerja pada shift malam. Awalnya, penelitian ini tergagas setelah pemikiran mengenai resiko diabetes tipe 2 yang dipengaruhi oleh lingkar pinggang, jam tidur, dan hormone mencuat.


Penelitian tersebut semakin diperkuat dengan hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti Huanzhong University of Science and Technology, China, yang menunjukkan bahwa 45 dari 1.000 orang di Inggris telah didiagnosa terjangkit diabetes tipe 2. Dan mirisnya, 9% diantaranya adalah para pekerja shift malam. Para pekerja shift malam memang memiliki waktu tidur yang lebih berantakan jika dibandingkan dengan mereka yang bekerja pada shift pagi. Selain jadwal tidur yang berantakan, para pekerja shift malam pun tak pernah lepas dari jadwal makan yang buruk sebab tak jarang mereka mengonsumsi makanan di malam hari. Mengonsumsi makanan yang berat pada malam hari lebih mudah menyimpan energi dan mengubahnya menjadi lemak. Oleh sebab itu, orang-orang yang bekerja secara shift sebaiknya benar-benar mewaspadai hal ini dan bergegas mengubah pola tidur dan makan mereka. Lantaran harus bekerja di malam hari, maka para pekerja shift pun harus memperbanyak olahraga dan mengatur pola makan mereka sedemikian rupa agar dapat terhindar dari salah satu penyakit mematikan ini.


Penyakit diabetes tipe 2 ini tak pernah memandang bulu. Penyakit ini dapat menimpa siapa pun, terutama untuk kaum laki-laki. Laki-laki memiliki peluang terjangkit diabetes hingga 35%. Dan parahnya, laki-laki yang bekerja dengan sistem shift ternyata memiliki resiko yang jauh lebih besar, yakni mencapai 42%. Selain memiliki resiko terfatal yakni kematian, penyakit diabetes tipe 2 ini juga dapat menyebabkan beberapa penyakit lainnya seperti kebutaan, besarnya peluang terjangkit serangan jantung ataupun stroke yang disebabkan lantaran rusaknya saraf dan aliran darah. Dan tak jarang, penderita penyakit ini juga mengalami kelumpuhan.


Artikel Waspada! Pekerja Shift Malam Memiliki Resiko Besar Terjangkit Diabetes Tipe 2 adalah hak cipta SegiEmpat.




sumber http://ift.tt/1xWRujs
In Category :

0 comments

Posting Komentar