Mengapa Jerawat Tetap Muncul Walaupun Kita Rajin Mencuci Muka?

Oleh SegiEmpat


Jerawat memang merupakan salah satu masalah besar yang kerap menjangkit banyak orang, terutama wanita. Para wanita kerap merasa kesal lantaran jerawat terus saja muncul walaupun mereka sudah rajin membersihkan dan mencuci wajah mereka. Bahkan tak jarang mereka rela tak mengonsumsi beberapa makanan yang disinyalir dapat menimbulkan jerawat. Semua hal tersebut dilakukan guna mendapatkan penampilan yang sesempurna dan semenarik mungkin. Bukan hanya itu, sebagian dari mereka juga memimpikan memiliki wajah yang sehat, mulus dan halus tanpa bekas-bekas jerawat yang terkadang justru membuat pori-pori bertambah besar. Lantas? Mengapa jerawat masih saja tetap muncul walaupun kita sudah rajin membersihkan wajah setiap hari?



Foto Jerawat Oleh Unik SegiEmpat


Menurut pakar spesialis dan kelamin, dr. Eddy Karta SpKK, sebenarnya jerawat terjadi lantaran adanya penyumbatan pada kelenjar sebum atau kelenjar minyak. Dan penyumbatan tersebut menyebabkan terjadinya peradangan dan perlahan akan terinfeksi oleh sejenis kuman bernama Propionibacterium acnes. Biasanya, penyumbatan tersebut terjadi lantaran wajah kita tengah kotor setelah menggunakan kosmetik, terkena debu, mengalami kulit kering yang kemudian berujung pada iritasi. Selain itu, dr. Eddy Karta SpKK juga menyebutkan bahwa penyumbatan kelenjar minyak juga dapat terjadi lantaran meningkatnya produksi minyak yang dipengaruhi oleh hormon. Oleh sebab itu, orang-orang yang mengalami peningkatan hormon terkadang tak mampu mencegah munculnya jerawat walaupun mereka sudah rajin membersihkan dan mencuci muka setiap hari. Namun walaupun begitu, mencuci wajah tetap disarankan. Sebaiknya, kita rajin mencuci wajah kita minimal tiga kali sehari. Kita pun juga bisa mengatur jadwal pencucian wajah sesuai dengan aktivitas yang kita lakukan.


Saat jerawat pertama kali muncul, maka kita harus benar-benar tahu bagaimana kondisi fisik kita. Apakah kita tengah mengalami stress fisik atau stress emosi? Atau kah kita memiliki pola makan yang berlebihan? Atau mungkin kita memiliki pola tidur yang tak beraturan? Semua itu harus benar-benar dipastikan sehingga kepanikan yang dapat berujung merusak wajah kita sendiri pun tak akan terjadi. Sebaliknya, guna mencegah terjadinya jerawat, maka ada baiknya jika kita benar-benar memperhatikan bagaimana pola hidup kita. Sebaiknya, kita menghindari jenis-jenis makanan yang manis-manis. Sebab, makanan manis yang terkadang mengandung gula berlebih dapat merangsang terjadinya reaksi peradangan. Tak hanya mengurangi konsumsi makanan yang manis-manis, kita pun juga harus mengimbangi makanan kita dengan mengonsumsi makanan yang mengandung susu. Selain makanan, kita pun juga dapat menghindari munculnya jerawat dengan cara mengatur waktu tidur dengan baik minimal 7-8 jam per hari, tak membiarkan pikiran menjadi stres atau memikirkan hal-hal yang tak terlalu penting untuk dipikirkan dengan sangat berat, menghindari paparan sinar matahari, dan juga mengurangi bahkan meninggalkan kebiasaan merokok. Tak jarang, kita juga harus mengimbangi makanan dan minuman yang kita konsumsi dengan berbagai jenis makanan yang mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.


Artikel Mengapa Jerawat Tetap Muncul Walaupun Kita Rajin Mencuci Muka? adalah hak cipta SegiEmpat.




sumber http://ift.tt/1xWRsYZ

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Jerawat Tetap Muncul Walaupun Kita Rajin Mencuci Muka?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel