7 Hal yang Secara Tidak Sadar Membuat Anda Makan Berlebihan

tidak sadar makan berlebihan oleh Kesehatan SegiEmpat Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk dalam hal mengkonsumsi makanan. Mengkonsumsi makanan yang berlebihan dalam jangka panjang akan menyebabkan seseorang memiliki resiko yang lebih besar untuk terkena berbagai penyakit berbahaya.


Namun terkadang seringkali Anda mengkonsumsi makanan secara berlebihan tanpa sadar. Hal itu bisa terjadi karena adanya beberapa faktor.


Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan seseorang tanpa sadar makan secara berlebihan :



  • Makan Menggunakan Peralatan Makan yang Besar


Saat Anda ingin makan atau minum, sebaiknya Anda menghindari untuk menggunakan piring atau mangkuk yang besar. Ukuran piring yang lebih besar akan membuat Anda makan berlebihan. Oleh karena itu, untuk menjaga porsi makan Anda, sebaiknya Anda makan dengan menggunakan piring kecil.



  • Melewatkan Sarapan


Hal lain yang bisa membuat Anda makan berlebihan adalah melewatkan sarapan. Hal ini akan membuat Anda sangat lapar sehingga Anda akan makan lebih banyak pada siang hari. Padahal hal ini bisa membuat tubuh tidak seimbang dan menimbulkan penyakit.



  • Terlalu Banyak Menu


Ketika Anda sedang menghadiri sebuah acara, kemungkinan besar Anda akan makan berlebihan. Hal ini karena terlalu banyak menu yang disiapkan. Sebenarnya Anda bisa makan semuanya, yang penting jumlahnya tidak terlalu banyak.



  • Emotional Eating


Seringkali seseorang yang sedang sedih dan depresi akan makan lebih banyak untuk membuat hati dan pikirannya tenang. Meskipun kemudian ini berhasil, namun hal ini bisa menimbulkan penyakit. Terlebih lagi jika makanan yang Anda konsumsi mengandung lemak.



  • Makan Sambil Menonton


Saat Anda sedang makan, jangan terlalu fokus pada acara di televisi. Karena hal ini pasti akan membuat Anda tidak sadar untuk terus mengunyah. Saat sedang makan, sebaiknya Anda berfokus pada makanan sehingga Anda akan berhenti makan saat sudah kenyang.



  • Menghindari Snack


Banyak orang yang menghindari snack karena takut gemuk. Padahal snack adalah salah satu cara untuk menjaga berat badan. Caranya adalah konsumsilah snack sehat seperti salad, biskuit sehat dan buah-buahan. Cara ini pasti bisa membuat Anda lebih kenyang dan tidak berlebihan dalam makan.



  • Tidak Enak kepada Teman


Anda mungkin sudah kenyang saat sedang makan bersama teman Anda namun ternyata teman Anda masih lapar dan meminta Anda untuk masih menemaninya. Anda pun kemudian merasa tidak enak untuk menolaknya dan terpaksa makan berlebihan.




sumber http://ift.tt/1eW65n9

Belum ada Komentar untuk "7 Hal yang Secara Tidak Sadar Membuat Anda Makan Berlebihan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel