Berbagai Manfaat dari Asam Folat

manfaat asam folat oleh Kesehatan SegiEmpat

manfaat asam folat oleh Kesehatan SegiEmpat Karena sering dikaitkan dengan kehamilan, maka banyak yang menyangka bahwa asam folat hanya dibutuhkan oleh seorang ibu hamil untuk perkembangan janin. Padahal semua orang membutuhkan asam folat untuk pembentukan sel baru.


Asam folat atau yang juga dikenal dengan vitamin B9 adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mensintesis DNA, metilasi DNA, perbaikan DNA dan juga kofaktor dalam reaksi biologis yang melibatkan folat.


Selain itu, berikut ini adalah beberapa manfaat dari asam folat :



  • Mencegah Anemia


Anemia disebabkan oleh menurunnya kadar sel darah merah dalam tubuh dan asam folat adalah zat yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah.



  • Mengurangi Rasa Nyeri Pada Otot


Seperti yang telah diketahui bahwa vitamin B adalah vitamin neurotropik, yang artinya bisa membantu untuk meredakan nyeri otot. Selain itu, asam folat juga akan membantu untuk mempercepat pemulihan kerusakan saraf yang biasa terjadi setelah Anda melakukan latihan intens.



  • Mencegah Kerapuhan Tulang


Asam folat adalah kofaktor enzim yang akan melengkapi sintesis DNA serta RNA seseorang. Asam folat juga akan menurunkan kadar homosistein dan juga mengubahnya menjadi metionin. Homosistein adalah salah satu faktor penyebab peningkatan resiko terjadinya osteoporis pada seseorang.



  • Mengatasi Rest Leg Syndrome


Rest Leg Syndrome adalah suatu keadaan dimana kaki seseorang bergerak pada saat dia tertidur dan hal ini terjadi di bawah sadar. Jika hanya terjadi sesaat, maka penyakit ini tidak akan mengganggu. Namun jika telah terjadi berulang dan hampir setiap hari, maka penderitanya bisa mengalami depresi dan gangguan tidur. Salah satu hal yang menyebabkan gangguan ini adalah kadar asam folat yang rendah dalam tubuh. Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami hal ini, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat.



  • Mencegah Terjadinya Stroke dan Penyakit Jantung


Meningkatnya homosistein dalam darah adalah salah satu hal yang menyebabkan resiko peningkatan penyakit kardiovaskular. Hal ini terjadi karena penebalan dinding arteri, penggumpalan darah dan vasodilasi arteri. Namun resiko penyakit ini bisa diturunkan hingga 45 persen dengan cara mengkonsumsi asam folat.



  • Mencegah Terjadinya Kanker Usus


Beberapa hasil penelitian menemukan bahwa seseorang yang rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat akan menurunkan resiko untuk terjadinya kanker usus hingga 40 persen. Untuk mendapatkan manfaat dari asam folat, Anda bisa mengkonsumsi kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh, contohnya beras merah.




sumber http://kesehatan.segiempat.com/hasil-penelitian/berbagai-manfaat-dari-asam-folat/

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Manfaat dari Asam Folat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel