Arti dari Warna Kotoran Bayi


arti kotoran bayi oleh Kesehatan SegiEmpat
Bagi Anda pasangan suami istri yang telah memiliki memiliki buah hati, pasti hal tersebut akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Anda. Apalagi buah hati Anda sedang lucu-lucunya. Namun pada masa tersebut, Anda juga harus memperhatikan kesehatan buah hati Anda karena mereka sangat rentan untuk terkena berbagai penyakit.

Salah satu cara untuk mendeteksi untuk mendeteksi kesehatan pencernaan bayi adalah dengan melihat warna kotorannya. Berikut ini adalah arti dari warna kotoran bayi :
  • Kuning
Ketika kotoran bayi berwarna kuning berarti pencernaan normal dan dia mendapatkan ASI foremilk hingga hindmilk. Ketika bayi mendapatkan ASI ekslusif, maka kotorannya akan berwarna kuning cerah. Sedangkan jika dia juga minum susu formula, maka ASInya akan berwarna lebih gelap seperti kuning kecoklatan, kuning tua, cokelat kehijauan, cokelat tua atau agak cokelat.
  • Hijau
Sebenarnya kotoran bayi yang berwarna hijau termasuk normal, namun hal ini tidak boleh dibiarkan. Hal ini terjadi karena ibunya belum benar dalam memberikan ASI. Hal ini terjadi ketika produksi ASI sangat melimpah sehingga bayi hanya menghisap foremilk dan tidak dengan hindmilk. Foremilk mengandung lebih banyak gula dan laktosa namun rendah lemak. Sedangkan hindmilk lebih banyak mengandung lemak. Dan hindmilk-lah yang membuat tinja berwarna kuning.

Ketika bayi lebih banyak menghisap foremilk, berarti dia menghisap lebih banyak gula sehingga proses pencernaannya mengalami perubahan dan kotorannya berwarna hijau. Selain itu, hal ini juga bisa menimbulkan banyak gas yang bisa membuat bayi merasa tidak nyaman.
  • Merah
Ketika kotoran bayi berwarna merah, bisa jadi hal tersebut berarti bahwa ada tetesan darah yang ikut. Ketika mengalami hal ini, maka dokter akan memeriksa, apakah darah tersebut berasal dari bayi ataukah dari ibunya.

Jika ternyata bayi menghisap darah ibunya, maka kotoran akan bercampur dengan bercak hitam (yang berupa darah). Hal ini akan muncul dalam waktu satu hingga tiga hari. Tetapi jika ternyata darah tersebut tetap muncul setelah lewat dari tiga hari, bisa jadi bayinya yang mengalami pendarahan. Hal tersebut bisa terjadi karena penyumbatan usus atau alergi terhadap susu formula.
  • Keabu-Abuan atau Putih
Ketika warna kotoran buah hati Anda berwarna keabu-abuan atau putih, jangan tunda untuk segera memeriksakannya ke dokter. Hal ini bisa saja terjadi karena penyumbatan saluran empedu ataupun gangguan lever. Jika Anda menunda-nunda dan ternyata buah hati Anda telah berusia diatas tiga bulan, bisa jadi dia akan mengalami transplantasi hati.

sumber http://ift.tt/1f64RoR

Belum ada Komentar untuk "Arti dari Warna Kotoran Bayi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel