Cara Mengatasi Pusing Karena Kehujanan


Apakah Anda pernah kehujanan dan kemudian merasa pusing setelah itu? Jika Anda pernah mengalami hal tersebut, sebaiknya Anda membacara artikel berikut ini.
mengatasi masalah kehujanan oleh Kesehatan SegiEmpat

dr. Leni Astuti, yang merupakan seorang praktisi kesehatan mengatakan bahwa rasa pusing yang terjadi setelah Anda kehujanan itu terjadi karena menurunnya suhu tubuh, terlebih lagi pada daerah kepala. Beliau mengatakan “kondisi ini membuat tubuh berusaha mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurangi rasa dingin.”

Beliau kemudian menambahkan, saat berada pada lingkungan dingin, kekebalan tubuh akan menurun untuk beradaptasi. Proses adaptasi itulah yang kemudian membuat pembuluh darah menyempit sehingga menyebabkan pusing. Selain pusing, seseorang yang sering kehujanan juga beresiko untuk mengalami penyakit lain seperti flu. Hal lain yang juga bisa terjadi karena kehujanan adalah badan yang berjamur dan gatal-gatal, yang terjadi karena pakaian lembab dan tubuh basah setelah terkena hujan.

Meski demikian, tidak semua hujan bisa menimbulkan penyakit. Tempat jatuhnya hujan tersebut akan mempengaruhi kesehatan dari hujan itu sendiri.

Hujan di gunung tidak akan menimbulkan masalah seperti hujan yang terjadi di kota. Hal ini karena hujan di kota biasanya adalah hujan asam, yang terjadi karena polusi.

Hujan asam tidak hanya akan menimbulkan flu, jamur dan gatal-gatal, tetapi juga bisa memberi efek buruk pada pernapasan dan kulit. Sehingga bisa membuat kulit iritasi dan membuat pernafasan bermasalah.

Beliau kemudian memaparkan “kalau di daerah pegunungan, hujan betul-betul masih murni karena bebas terkontaminasi polusi.”

Jika ternyata Anda sudah terlanjur kehujanan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dampak buruk dari air hujan :

  • Jika rambut Anda terkena air hujan, segera bilas dengan air bersih. Cara ini akan membuang berbagai zat dan gas yang bersifat asam.
  • Jika pakaian Anda basah, segera lepaskan, keringkan tubuh Anda dan ganti dengan yang kering. Cara ini akan membantu agar tubuh Anda tidak semakin dingin, menghindari masalah kulit dan menjaga imunitas tubuh.
  • Jika ternyata hujan membuat Anda pusing, Anda bisa mengatasi dengan mandi air hangat atau minum obat penghilang rasa sakit atau obat analgetik.
  • Terakhir, sebaiknya Anda mendapatkan istirahat yang cukup dan jangan lupa mengkonsumsi suplemen agar imunitas tubuh Anda bisa kembali.

sumber http://kesehatan.segiempat.com/tips-kesehatan-2/cara-mengatasi-pusing-karena-kehujanan/

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Pusing Karena Kehujanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel