Gejala Penyakit Serius pada Bayi

Gejala Penyakit Serius pada Bayi

tanda-tanda bayi sakit oleh Kesehatan SegiEmpat Ketika buah hati telah lahir di dunia, maka Anda sebagai orangtua pasti akan sangat senang dan bahagia. Namun sebagai orangtua baru, biasanya Anda berdua akan sangat khawatir dan merasa deg-degan manakali buah hati Anda sakit. Meskipun sakit yang dialami oleh buah hati Anda terkadang kelihatan sepele, namun ada beberapa keadaan dimana Anda harus membawa buah hati Anda kepada ahli medis.


Berikut ini adalah beberapa gejala pada bayi yang harus segera mendapatkan penanganan dokter :



  • Sesak napas


Saat bayi sesak napas, maka frekuensi napasnya akan lebih cepat, cuping hidungnya kembang kempis dan juga akan terdapat retraksi pada sela iga dan bawah iga. Anda juga akan mendengar rintihan dari buah hati Anda.



  • Sianosis


Sianosis atau bibir yang berubah warna menjadi biru adalah suatu tanda bahwa buah hati Anda kekurangan oksigen dalam darahnya. Jika Anda menemukan keadaan seperti ini, segera larikan buah hati Anda ke dokter atau rumah sakit.



  • Demam tinggi


Penyebab demam pada bayi yang baru lahir tidak bisa ditentukan secara spesifik. Hal itu bisa saja disebabkan oleh influenza ataupun meningitis. Oleh karena itu, segera larikan ke rumah sakit.



  • Muntah yang berwarna hitam atau hijau


Ketika bayi muntah dan berwarna hitam, berarti telah terjadi pendarahan pada saluran cernanya. Sedangkan ketika muntahnya berwarna hijau, berarti pencernaan mengalami penyumbatan. Selain itu, Anda juga perlu waspada ketika dia muntah setelah mendapatkan cedera pada kepala, karena bisa saja terjadi pendarahan pada kepalanya.



  • Kulit yang bertambah kuning


Sebenarnya kulit kuning pada bayi tidaklah berbahaya karena biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun jika ternyata warna kuning tidak kunjung hilang, bahkan bertambah, sebaiknya Anda segera memeriksakan. Hal yang menyebabkan warna kuning tersebut adalah tingginya kadar bilirubin dalam darah. Jika sudah terlalu tinggi, maka hal tersebut akan menyebabkan kejang dan otak yang rusak secara permanen. Salah satu tindakan yang bisa Anda lakukan adalah lebih sering memberinya ASI. Namun sebaiknya Anda juga memberinya terapi sinar.



  • Kekurangan Cairan


Pada bayi yang baru lahir, dia akan buang air sedikitnya sekali hingga enam kali dalam sehari. Oleh karena itu ketika buah hati Anda memiliki frekuensi buang air yang lebih kecil dari itu, sebaiknya Anda segera memberinya tindakan. Selain frekuensi buang air yang lebih sedikit, lemas, mata cekung dan mulut kering juga menjadi tanda dehidrasi.




sumber http://kesehatan.segiempat.com/solusi-kesehatan/kesehatan-ibu-dan-anak/gejala-penyakit-serius-pada-bayi/

Belum ada Komentar untuk "Gejala Penyakit Serius pada Bayi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel