Mengapa Anda Merasa Gemetar Saat Latihan?

penyebab gemetar saat latihan oleh Kesehatan SegiEmpat

Saat Anda melakukan beberapa latihan tertentu seperti push-up, benchpress, yoga atau latihan khusus abs, mungkin Anda pernah merasakan gemetar, baik itu pada tangan Anda ataupun bagian tubuh lainnya. Gemetar yang terjadi saat latihan ini biasanya terjadi saat pada saat Anda sedang berusaha untuk menyelesaikan pengulangan terakhir saat melakukan latihan beban.

Anda mungkin kemudian akan bertanya, kenapa Anda bisa merasa gemetar pada saat Anda sedang latihan? Ketika otot-otot yang terdapat dalam tubuh Anda bekerja terlalu keras diluar kemampuannya, maka sudah pasti otot tersebut tidak kuat untuk bekerja sehingga akan bergetar. Otot-otot yang kelebihan beban tersebut gemeter karena mereka mencoba untuk beradaptasi serta menstabilkan tekanan yang ada. Hal ini juga akan terjadi saat Anda sedang latihan bisep dan trisep. Otot Anda akan berhenti gemetar ketika otot sudah bisa mulai terbiasa dan beradaptasi dalam menerima tekanan yang diperolehnya dari beban latihan.

Coba Anda perhatikan saat Anda sedang mengangkat barbell yang terlalu berat, pasti tangan Anda akan gemetar. Ketika Anda mengangkat barbell yang terlalu berat dan tangan Anda gemetar, berarti tangan Anda belum cukup kuat untuk menerima beban tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggantinya dengan beban yang lebih ringan. Gunakan beban yang lebih ringan tersebut selama beberapa kali hingga akhirnya Anda terbiasa dan otot bisa beradaptasi. Ketika kemudian tangan Anda tidak lagi gemetar dan beban tersebut sudah terasa “kecil” buat Anda, Anda mulai menggantinya dengan beban yang sedikit lebih berat. Jika Anda ingin menambah beban, sebaiknya lakukan secara perlahan dan berkala.

Namun jika Anda telah cukup sering mengalami gemetar dan hal tersebut terjadi dengan cepat, sebaiknya Anda mulai berhati-hati. Karena hal tersebut berarti bahwa salah satu bagian tubuh Anda berpotensi untuk mengalami cedera.

Hal lain yang juga bisa menyebabkan Anda gemetar ketika latihan adalah ketika Anda tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Jika ternyata hal ini menjadi penyebabnya, sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk makan sebelum latihan. Makanan yang Anda konsumsi akan menjadi sumber tenaga saat latihan, sehingga Anda bisa mengangkat beban yang lebih berat tanpa harus gemetar.

sumber http://kesehatan.segiempat.com/kebugaran/fitness-dan-bodybuilding/mengapa-anda-merasa-gemetar-saat-latihan/

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Anda Merasa Gemetar Saat Latihan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel