Yang Bisa Anda Lakukan Saat Lidah Tergigit

ketika lidah tergigit oleh Kesehatan SegiEmpat
Mungkin Anda sedang makan sesuatu dan kemudian Anda tidak sengaja menggigit lidah Anda. Hal tersebut mungkin akan membuat Anda kesakitan dan bisa jadi membuat Anda tidak merasa nyaman untuk berbicara ataupun makan. Lidah yang tergigit biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa sembuh. Selain itu, lidah tergigit juga bisa berkembang menjadi sariawan dan luka. Kedua hal ini pasti akan membuat Anda merasa tidak nyaman untuk berbicara ataupun mengunyah makanan.

Lidah yang tergigit dikatakan sebagai salah satu penyebab terjadinya sariawan karena sariawan adalah salah satu bentuk dari luka atau dalam istilah medis dikenal dengan ulkus pada muloda. Luka ini kemudian bisa berkembang menjadi peradangan pada mulut ataupun infeksi sekunder.

Biasanya sariawan akan lebih terjadi jika daya tahan tubuh, khususnya mukosa pada rongga mulut sedang mengalami penurunan. Dan ketika Anda mengalami trauma fisik berupa lidah yang tergigit saat daya tahan tubuh menurun, maka Anda akan lebih cepat mengalami sariawan.

Jika Anda ingin agar lidah yang tergigit cepat sembuh dan tidak berubah menjadi sariawan, maka berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan
  • Pada dasarnya lidah yang tergigit bukanlah masalah yang serius. Sebenarnya lidah yang tergigit bisa disembuhkan dengan mudah. Seperti yang diketahui bahwa air liur bisa menyembuhkan luka, termasuk diantaranya luka gigitan.
  • Saat lidah Anda tergigit, segera cari es batu dan kemudian letakkan pada lidah Anda. Cara ini akan membantu untuk menghentikan pendarahan dan juga mengurangi rasa sakit.
  • Setelah itu, sebaiknya Anda berkumur dengan menggunakan air garam. Cara ini akan membantu Anda untuk melawan bakteri, mencegah infeksi dan menyembuhkan luka.
  • Jika Anda minum air, usahakan yang Anda minum adalah air dingin. Cara ini akan membantu Anda untuk mengompres dan juga memberikan efek menenangkan.
  • Jika Anda memiliki madu di rumah, sebaiknya Anda mengoleskan setu sendok madu ke mulut Anda. Lakukan hal ini minimal dua kali dalam sehari. Madu yang memiliki rasa manis akan membantu Anda untuk menyembuhkan lidah yang tergigit.
  • Agar proses penyembuhan bisa lebih cepat, sebaiknya Anda menghindari makanan yang pedas karena hal tersebut akan meningkatkan peradangan.
sumber http://ift.tt/1mTkSS2

Belum ada Komentar untuk "Yang Bisa Anda Lakukan Saat Lidah Tergigit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel