Bahan Tradisional yang Bisa Digunakan untuk Meredakan Batuk

obat batuk tradisional oleh Kesehatan SegiEmpat
Saat penyakit menyerang, salah satu hal yang dilakukan seseorang adalah mencari obat. Namun banyak orang yang sudah takut untuk mengkonsumsi obat kimia sehingga lebih memilih untuk mengkonsumsi obat tradisional. Hal ini karena obat kimia dianggap lebih aman dan tidak memiliki efek samping.

Yang kemudian kembali menjadi masalah adalah banyak orang yang tidak tahu obat apa saja yang harus dikonsumsi untuk mengobati suatu penyakit, salah satunya adalah batuk. Padahal banyak sekali bahan alami di sekitar kita yang bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk.

Obat tradisional menjadi andalan bagi banyak orang karena lebih mudah untuk didapatkan, harganya lebih murah, serta tidak memberikan dampak buruk untuk kesehatan tubuh. Meskipun kemudian obat tradisional memiliki proses pengobatan yang lebih lama serta lebih mudah untuk dibuat jika daripada dibandingkan dengan obat kimia yang bisa diperoleh dengan mudah serta lebih cepat untuk menyembuhkan, namun obat tradisional tidak memiliki efek samping untuk tubuh sehingga aman untuk dikonsumsi.

Berikut ini adalah beberapa ramuan tradisional yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan batuk :


  • Campuran Jeruk Nipis dan Madu

Ketika Anda sedang batuk namun Anda sedang malas untuk keluar rumah, Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang terdapat di dapur Anda. Yang perlu Anda siapkan adalah satu sendok makan jeruk nipis, satu sendok makan madu asli dan lima sendok makan air masak.

Cara pembuatannya adalah campurkan semua bahan tersebut dan kemudian ditim selama 30 menit. Minumlah ramuan ini dua kali dalam sehari sebanyak satu sendok teh.

  • Campuran Kencur dan Garam 
Ramuan berikutnya adalah sebuah umbi kencur yang ukurannya seperti ibu jari orang dewasa, garam secukupnya dan secangkir air hangat.

Cara pembuatannya adalah parutlah kencur lalu campurkan dengan garam dan air panas. Peras ramuan tersebut, lalu saring dan ambillah air hasil perasaannya. Minumlah air hasil perasan ramuan saat masih sangat sebanyak tiga kali dalam sehari.


  • Campuran Daun Asam dan Daun Saga 
Ramuan berikutnya adalah daun asam sebanyak segenggam dan daun saga bersama tangkainya sebanyak segenggam serta 3 gelas air.

Cara pembuatannya adalah rebuslah daun asam dan daun saga dengan menggunakan 3 gelas air tadi hingga bersisa 2 gelas. Biarkan dingin, saring dan ambil airnya. Minum air tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.

The post Bahan Tradisional yang Bisa Digunakan untuk Meredakan Batuk appeared first on SegiEmpat.



sumber http://ift.tt/1dnWDXH

Belum ada Komentar untuk "Bahan Tradisional yang Bisa Digunakan untuk Meredakan Batuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel