Jenis-Jenis Batuk yang Sebaiknya Anda Ketahui

jenis batuk oleh Kesehatan SegiEmpatjenis batuk oleh Kesehatan SegiEmpat
Batuk adalah suatu penyakit yang paling sering ditemui. Hal inilah yang membuat banyak orang yang menyepelekan penyakit ini. Padahal batuk bukanlah sebuah penyakit, tetapi suatu tanda bahwa ada masalah dalam tubuh Anda. Ada berbagai macam hal yang bisa menyebabkan batuk, dari yang ringan sampai yang berat dan bisa menyebabkan kematian.

Beberapa jenis batuk mungkin kelihatan sama tetapi sebenarnya batuk itu berbeda karena penyebabnya juga berbeda. Selain itu, Anda tidak boleh menyepelekan saat terkena batuk karena bisa saja penyakit yang menyebabkan batuk akan membuat aktifitas Anda terganggu untuk beberapa lama. Anda juga harus mengetahui jenis-jenis batuk agar Anda bisa memberikan penanganan yang tepat.
  • Berdasarkan Produksi Dahaknya
Ada dua jenis batuk berdasarkan produksi dahaknya, yaitu batuk produktif dan tidak produktif. Berikut ini adalah penjelasannya :
  • Produktif
Batuk produktif adalah batuk yang menghasilkan dahak atau lendir. Masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan batuk berdahak. Bagi yang memiliki kesibukan yang tinggi, batuk jenis ini mengganggu karena membuat penderitanya harus mengeluarkan dahak/lendirnya setiap kali batuk. Untuk mengatasi ini, sebaiknya Anda mengkonsumsi obat batuk yang khusus untuk batuk berdahak. Selain itu, Anda juga banyak minum air hangat ataupun menghirup uap panas.
  • Tidak Produktif.
Batuk tidak produktif adalah batuk yang tidak menghasilkan dahak berlebihan. Masyarakat lebih mengenalnya dengan batuk kering atau batuk tidak berlebihan. Penderita batuk tidak berdahak biasanya akan mengalami rasa gatal pada tenggorokannya. Hal ini tentu akan sangat mengganggu. Untuk mengatasi ini, sebaiknya Anda mengkonsumsi obat batuk khusus batuk kering atau memperbanyak minum air putih.
  • Berdasarkan Lama Batuknya
Ada dua jenis batuk berdasarkan lama batuknya, yaitu batuk akut dan batuk kronis. Berikut ini adalah penjelasannya :
  • Akut
Batuk akut adalah batuk yang terjadi kurang dari 2 pekan. Jenis batuk seperti ini biasanya disebabkan oleh infeksi sinus, masuk angin atau influenza.

  • Kronik
Batuk akut adalah batuk yang terjadi selama lebih dari 2 pekan, bahkan bertahun-tahun. Batuk ini terjadi secara berulang dan terus menerus. Jenis batuk seperti ini terjadi karena TB, asma atau batuk rejan. Batuk kronik merupakan jenis batuk yang bertahan selama lebih dari 2 minggu, bahkan ada juga yang menahun. Jenis batuk ini juga terjadi secara berulang. Ketika Anda mengalami batuk seperti ini, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

The post Jenis-Jenis Batuk yang Sebaiknya Anda Ketahui appeared first on SegiEmpat.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Batuk yang Sebaiknya Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel