Tips Memilih Obat Batuk Untuk Anak

memilih obat batuk anak oleh Kesehatan SegiEmpat
Pemilihan obat batuk anak pastilah berbeda dengan obat batuk dengan orang dewasa. Hal ini karena keadaan tubuh keduanya memang berbeda. Pemilihan obat batuk anak menjadi sangat penting bagi para orangtua terlebih lagi dengan musim pancaroba seperti ini dan semakin banyaknya obat batuk yang beredar di apotek ataupun toko obat.

Karena salah memilih obat batuk tidak akan membuat anak sembuh, anak justru bisa menerima dampak buruk. Oleh karena itu, sebelum Anda membeli obat batuk untuk anak, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :
  •  Bertanya Kepada Dokter 
Ada baiknya jika terlebih dahulu Anda membawa anak Anda ke dokter sebelum kemudian membeli obat di apotek atau toko obat. Saat Anda membawa anak Anda ke dokter, maka dokter akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh sehingga dia bisa mengetahui jenis batuk dan penyebabnya. Dengan begitu, maka anak Anda bisa mendapatkan obat yang sesuai dengan batuk yang dideritanya.
  • Tahu Jenis Batuknya 
Namun jika Anda terpaksa harus membeli obat di toko obat, ada baiknya jika Anda mengetahui jenis batuk yang diderita oleh anak Anda. Karena jika Anda salah pilih, alih-alih mendapatkan kesembuhan, anak Anda justru akan mendapatkan efek samping dari obat tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui jenis batuk yang diderita oleh anak Anda.

Ada dua jenis batuk yang biasa diderita oleh anak jika dilihat dari penyebabnya, yaitu karena alergi ataupun non alergi. Berikut ini adalah gejala dari batuk alergi dan non alergi.
  • Karena Alergi
Saat anak alergi terhadap sesuatu, maka dia akan mengalami batuk. Biasanya alergi terjadi karena makanan, perubahan cuaca ataupun lingkungan.


  1. Alergi karena makanan disebabkan karena makanan tersebut mengandung zat pengawet, pewarna buatan, pemanis buatan atau penyedap rasa.

  2. Alergi yang terjadi karena perubahan cuaca disebabkan oleh cuaca yang sering berubah yang menyebabkan turunnya daya tahan tubuh.

  3. Sedangkan alergi yang terjadi karena lingkungan terjadi karena bulu binatang, debu, bulu karpet dan sebagainya.

Saat seorang anak mengalami batuk yang disebabkan oleh alergi, maka dia akan mengalami pembengkakan, yang kemudian menstimulasi selaput lendir dan ujung saraf, lalu kemudian menyebabkan terjadinya batuk. Dengan begitu, maka Anda harus memberikan anak Anda obat batuk untuk alergi.
  • Non Alergi 
Sedangkan batuk non alergi terjadi karena virus dan bakteri. Jenis batuk seperti ini biasanya disertai dengan hidung tersumbat atau demam. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memberinya obat batuk yang disesuaikan dengan gejala yang dia derita.

sumber http://ift.tt/1dnWEeg

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Obat Batuk Untuk Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel