Olahraga yang Bisa Meningkatkan Harapan Hidup

olahraga panjang umur oleh Kesehatan SegiEmpat Mendapatkan umur panjang adalah impian setiap orang. Banyak orang yang melakukan berbagai hal untuk bisa mendapatkan umur yang panjang. Salah satu cara yang mudah, murah namun efektif untuk mendapatkan umur yang panjang adalah dengan melakukan olahraga.


Salah satu jenis olahraga yang bisa membuat Anda berumur panjang adalah jogging. Melakukan jogging selama 1 hingga 2,5 jam setiap pekannya bisa meningkatkan harapan hidup selama 5,6 tahun untuk wanita dan 6,2 tahun untuk pria. Namun ternyata bukan hanya jogging yang bisa membuat seseorang berumur panjang, ada berbagai olahraga lain yang bisa membantu seseorang untuk meningkatkan harapan hidupnya.


Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga tersebut :



  • Jalan Kaki dengan Cepat


Sebuah hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menemukan bahwa seseorang yang terbiasa berjalan kaki dengan kecepatan 1 m/s akan memiliki harapan hidup lebih lama daripada orang yang berjalan kaki dengan lambat. Meski demikian, hal ini juga harus disesuaikan dengan kemampuan dan keadaan tubuh.



  • Berenang


Sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh Aerobics Center Longitudinal Study menemukan bahwa, seseorang yang rutin berenang akan menurunkan resiko untuk mengalami kematian mendadak sebesar 50 persen daripada orang-orang yang jarang berolahraga.



  • Mengayuh Sepeda dengan Cepat


Olahraga lain yang bisa membuat umur lebih panjang adalah bersepeda dengan cepat. Sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Denmark menemukan bahwa bersepeda dengan cepat bisa meningkatkan harapan hidup seorang wanita selama empat tahun dan pria selama lima tahun.



  • Olahraga yang Memiliki Intensitas Tinggi


Beberapa olahraga yang memiliki intensitas tinggi seperti berjalan, berlari, mengayuh sepeda dan aerobik akan membantu untuk meningkatkan harapan hidup. Jika jalan santai bisa meningkatkan harapan hidup selama 1,3 hingga 1,5 tahun, maka olahraga intensitas tinggi bisa meningkatkan harapan hidup selam 3,5 hingga 3,7 tahun.



  • Naik Tangga


Sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Swiss menemukan bahwa seseorang yang lebih sering naik tangga akan menurunkan resiko kematian pada usia muda hingga 15. Selain itu, menaiki tangga sebanyak 35 anak tangga atau lebih dalam sepekan juga akan memiliki harapan hidup lebih lama daripada mereka yang hanya naik 10 anak tangga atau kurang.


The post Olahraga yang Bisa Meningkatkan Harapan Hidup appeared first on SegiEmpat.




sumber http://ift.tt/1bDJ0bL

Belum ada Komentar untuk "Olahraga yang Bisa Meningkatkan Harapan Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel