Tips Sederhana Untuk Meningkatkan Daya Ingat

cara sederhana meningkatkan daya ingat oleh Kesehatan SegiEmpat Dengan usia yang semakin bertambah ditambah lagi dengan semakin mudahnya teknologi membuat banyak orang semakin malas untuk berpikir. Hal inilah yang kemudian membuat orang semakin malas untuk berpikir dan mengingat. Padahal ketika otak jarang digunakan, maka kemampuan otak akan melemah sehingga menyebabkan orang tersebut akan memiliki ingatan jangka pendek yang lemah.


Tapi sebenarnya ada cara yang mudah, sederhana namun efektif untuk membuat ingatan lebih kuat. Terlebih lagi untuk ingatan jangka pendek. Berikut ini adalah beberapa trik sederhana untuk meningkatkan daya ingat :



  • Tidak Menggunakan Daftar Belanjaan


Dengan alasan takut lupa, banyak orang yang menuliskan daftar barang-barang yang akan dibeli saat akan berbelanja. Namun untuk melatih otak, akan lebih baik jika Anda tidak membawa daftar belanja saat akan berbelanja. Ketika sampai di tempat belanja, ambillah barang sebanyak mungkin yang bisa Anda ingat.



  • Meringkas


Bagi Anda yang senang membaca, Anda bisa menggunakan cara ini untuk membuat ingatan lebih tajam. Caranya adalah ketika Anda selesai membaca buku ataupun artikel sebuah majalh, Anda bisa meringkas alur ceritanya dalam sebuah catatan. Hal ini akan membantu Anda untuk mengingat kembali.



  • Kembali


Ketika Anda mendatangi sebuah tempat dan kemudian Anda lupa kenapa Anda ingin masuk kesana. Ada baiknya jika Anda kembali ke tempat awal dan tidak beranjak sebelum Anda mengingat alasan Anda masuk ke tempat yang Anda tuju.



  • Jembatan Keledai


Ketika Anda memiliki beberapa kegiatan yang harus Anda lakukan, Anda bisa menggunakan “jembatan keledai”. Contohnya, Anda harus menyetrika, menelepon dan mengetik surat. Anda bisa mengubahnya menjadi kata dasar, mengambil satu atau dua huruf pertama lalu kemudian membentuk suatu kata seperti “seteltik”, yang merupakan singkatan dari setrika, telepon dan mengetik. Cara ini pasti bisa membuat Anda mengingat.



  • Eliminasi


Ketika Anda kehilangan sesuatu, Anda bisa menggunakan proses eliminasi. Caranya adalah tuliskan enam hal dan tempat terakhir yang Anda lakukan dan datangi sebelum barang yang Anda cari. Setelah itu, lakukan kembali hal-hal yang tadi Anda lakukan, Anda pasti akan menemukan barang yang Anda cari.


The post Tips Sederhana Untuk Meningkatkan Daya Ingat appeared first on SegiEmpat.




sumber http://ift.tt/1bDIYk8

Belum ada Komentar untuk "Tips Sederhana Untuk Meningkatkan Daya Ingat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel