Cara Alami Mengobati Batuk

cara alami mengobati batuk oleh Kesehatan SegiEmpat
Salah satu penyakit yang paling sering dijumpai adalah batuk. Oleh karena itu, Anda membutuhkan cara alami mengobati batuk. Hal ini menjadi penting karena banyak orang yang semakin mengabaikan batuk. Mereka merasa bahwa batuk adalah penyakit sepele sehingga tidak memerlukan pengobatan khusus.

Padahal sebenarnya batuk bukan merupakan suatu penyakit, tetapi merupakan suatu tanda bahwa sedang ada masalah di dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda tidak langsung mengkonsumsi obat kimia untuk mengatasi batuk. Akan lebih baik jika Anda menggunakan obat herbal atau tanaman alam untuk mengatasi batuk. Obat herbal atau obat yang berasal dari alam, selain efektif, mudah dijumpai, murah, juga tidak akan memberikan efek samping bagi tubuh.

Berikut ini adalah beberapa obat sebagai cara alami mengobati batuk :
  • Menggunakan Jahe

Jahe memang sudah dijadikan sebagai obat untuk meredakan batuk secara turun temurun. Hal inilah yang membuat jahe menjadi bahan dasar dari beberapa jenis obat batuk. Selain itu, jahe juga bisa menghangatkan tubuh seseorang. Jahe juga memiliki sifat imunomodulator, yang berfungsi sebagai antimual.

  • Menggunakan Jeruk Nipis Sebagai Cara Alami Mengobati Batuk

Jeruk nipis juga menjadi salah satu obat alami yang biasa digunakan untuk menngatasi batuk. Hal ini karena jeruk nipis mengandung minyak astiri yang berguna untuk mengontrol otot pernapasan. Hal inilah yang kemudian membuat jeruk nipis bisa membuat batuk menjadi reda. Jika Anda tidak tahan dengan rasa asam dari jeruk nipis, Anda bisa menambahkan madu, kapur sirih atau kecap.

  • Menggunakan Kencur

Kencur juga berguna untuk meredakan batuk. Kencur akan meredakan gatal pada tenggorokan, yang menjadi penyebab batuk. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kencur sebagai relaksasi dan aromaterapi.

  • Menggunakan Daun Mint

Bagi Anda yang sedang batuk kering, Anda bisa menggunakan daun mint. Daun mint mengandung minyak astiri yang akan mengencerkan lendir di tenggorokan serta menstimulasi mukosa saluran pernapasan sehingga akan mengencerkan dahak saat batuk.

  • Menggunakan Kayu Manis

Mungkin selama ini Anda hanya menggunakan kayu manis sebagai penyedap makanan. Padahal kayu manis juga memiliki efek untuk meredakan batuk. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya OBH atau obat batuk hitam yang berbahan dasar kayu manis.

sumber http://ift.tt/1r3WsKH

1 Komentar untuk "Cara Alami Mengobati Batuk"

  1. Tq gan, Obat ini sudah lama saya cari-cari untuk teman saya yang kena penyakit ini..Jika berkenan mampir juga ke Ramuan herbal alami untuk penyakit kronis, Tes IQ dan psikotest gratis dan Belajar blog dan seo

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel