Cara Mencegah Keracunan Makanan

mencegah keracunan makanan oleh Kesehatan SegiEmpat
Terlalu tingginya polusi serta semakin banyaknya kuman yang berkembang biak membuat Anda harus mencari cara mencegah keracunan makanan. Hal ini menjadi penting karena keracunan menjadi masalah kesehatan yang bisa menyebabkan kematian. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya keracunan makanan, diantaranya adalah bahan dari makanan atau bahan dari alat makan.

Adapun cara mencegah keracunan makanan adalah :

  • Selektif Saat Memilih bahan Makanan

Ketika akan membeli bahan makanan, sebaiknya Anda memperhatikan aspek sanitasi dan higienitasnya. Agar Anda bisa merasa aman saat akan mengkonsumsi makanan.

Pada dasarnya ada dua jenis bahan makanan, yaitu yang tahan lama dan yang tidak tahan lama. Jika memang makanannya bisa tahan lama, Anda bisa membelinya dalam jumlah banyak dan menyimpan untuk persediaan. Namun jika bahan makanannya tidak tahan lama, sebaiknya Anda membelinya jika hanya perlu.

  • Wadah Tempat Makanan Saat Akan Dibawa untuk Mencegah Keracunan Makanan

Setelah membeli, sebaiknya Anda menggunakan wadah yang bersih dan tidak akan dimasuki oleh kuman, debu dan kotoran yang bisa menghinggapi makanan tersebut. Hal ini untuk mencegah agar makanan tersebut tidak mengalami kontaminasi.

  • Cara Menyimpan Makanan Mentah

Saat akan menyimpan makanan yang mudah rusak, sebaiknya Anda menggunakan lemari es. Sedangkan jika makanannya tidak mudah rusak, Anda cukup menyimpannya pada lemari tempat makanan. Selain itu, tempat tersebut harus bebas dari tikus. Adapun sistem pengambilannya adalah FIFO atau First In First Out.
  • Cara Menyimpan Makanan yang Sudah Jad

Jika Anda memiliki makanan yang setengah matang, jangan pernah menyimpannya di tempat sembarangan dan tidak steril. Akan lebih baik jikaAnda menaruhnya dalam tempat dengan wadah tertutup. Selain itu, sebaiknya Anda juga tidak memanaskan makanan hingga setengah matang, karena hal tersebut tidak akan membuat kuman mati seketika.
  • Dalam Mengolah Bahan Makanan

Proses ini adalah proses terpenting namun paling berpotensi menyebabkan keracunan makanan. Beberapa hal sepele yang bisa menyebabkan masalah adalah tidak cuci tangan setelah buang air atau tidak membersihkan tangan saat akan mengolah makanan. Hal-hal inilah yang berpotensi membuat Anda mengalami keracunan makanan.
  • Ketika Telah Disajikan

Saat memasak makanan, jangan sampai makannya terlalu mentah, setengah matang ataupun terlalu matang. Selain itu, jangan pernah menyajikan makanan yang telah basi atau sudah lama. Hal lain yang peru Anda perhatikan adalah jangan membiarkan makanan berada di tempat terbuka.

sumber http://ift.tt/1j4NcVq

Belum ada Komentar untuk "Cara Mencegah Keracunan Makanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel