Makanan untuk Mengurangi Nyeri Haid

makanan mengurangi nyeri haid oleh Kesehatan SegiEmpat
Setiap wanita yang telah puber pasti akan mengalami haid. Sayangnya nyeri haid juga akan terjadi. Oleh karena itu, mengurangi nyeri haid adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh seorang wanita yang mengalami haid setiap bulannya.

Seorang wanita yang mengalami haid secara teratur mengindikasikan bahwa organ reproduksi wanita tersebut berfungsi dengan normal. Normalnya, siklus menstruasi seorang wanita adalah 28 hari atau satu bulan. Seorang wanita yang mengalami menstruasi biasanya juga akan mengalami dismenore atau rasa sakit pada perut. Hal ini terjadi karena rahim sedang melakukan kontraksi untuk mengeluarkan darah kotor dari rahim.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi, seperti mengkonsunsi obat kimia atau obat herbal. Namun ada juga beberapa jenis makanan sehat yang bisa membantu untuk mengurangi nyeri haid.

Berikut ini adalah beberapa makanan alami yang bisa membantu Anda untuk mengurangi nyeri haid :


  • Daging Merah

Meskipun daging merah bisa kolesterol Anda meningkat, namun daging ini juga mengandung zat besi. Zat besi adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah. Hal ini dibutuhkan untuk wanita haid. Karena ketika haid, maka seorang wanita akan kehilangan banyak darah sehingga dibutuhkan zat besi untuk menggantikan darah yang keluar.
  • Mengkonsumsi Buah Segar untuk Mengurangi Nyeri Haid

Banyak yang mengatakan bahwa nyeri haid memiliki kaitan dengan masalah pencernaan. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi nyeri haid adalah dengan melancarkan pencernaan. Adapun caranya adalah mengkonsumsi buah segar, contohnya buah apel.
  • Mengkonsumsi Kacang-Kacangan

Daripada Anda mengkonsumsi makanan cepat saji sebagai cemilan, akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi kacang-kacangan, terlebih lagi ketika Anda sedang haid. Hal ini karena kacang-kacangan mengandung asam lemak Omega-3 dan lemak baik yang bisa membantu mengurangi nyeri haid.
  • Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk melancarkan pencernaan dan peredaran darah adalah dengan mengkonsumsi sayuran hijau. Hal ini karena sayuran hijau mengandung serat, vitamin B dan zat besi.

sumber http://ift.tt/1p2Z0Vm

Belum ada Komentar untuk "Makanan untuk Mengurangi Nyeri Haid"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel