Pola Makan Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Pola Makan Untuk Penderita Penyakit Ginjal oleh Kesehatan SegiEmpat

Bagi Anda yang mengalami penyakit ginjal, tentu Anda membutuhkan pola makan untuk penderita ginjal. Mengingat bahwa ginjal Anda sudah tidak bisa bekerja dengan baik sehingga tidak bisa lagi membersihkan racun yang terdapat dalam darah, maka Anda harus menjaga agar Anda tetap sehat. Adapun pola hidup yang sebaiknya dilakukan oleh penderita ginjal adalah pola makan untuk penderita penyakit ginjal dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, rutin melakukan olahraga, rajin melakukan konsultasi dengan dokter, selalu memiliki pikiran yang positif, selalu mensyukuri keadaan yang ada dan pantang menyerah terdapat penyakit. Semua hal ini dilakukan agar Anda bisa tetap sehat dan bugar.

Pada dasarnya, seorang penderita ginjal harus menjaga pola makannya sesuai dengan tingkat keparahan penyakitnya. Jika penderita penyakit ginjal telah mengalami gagal ginjal kronis, maka dia harus melakukan dialisis / cuci darah atau mendapatkan terapi ginjal pengganti. Namun jika penderita juga mengalami sesak napas, maka dia harus membatasi asupan proteinnya.

Adapun jumlah protein yang sebaiknya dikonsumsi oleh seorang penderita ginjal sebagai pola makan untuk penderita ginjal adalah sekitar 0,6 g / kg dari massa tubuh. Dan protein yang harus dikonsumsi adalah protein yang berasal dari hewan seperti daging, ikan, susu dan telur.

Hal lain yang sebaiknya diperhatikan adalah penderita ginjal juga harus memenuhi jumlah kalorinya, yaitu sebanyak 35 kkal/kg dari berat badan setiap harinya. Adapun jumlah cairan yang dikonsumsi adalah sebanyak 500 ml, dimana jumlah ini disesuaikan dengan jumlah air seni. Jika ternyata penderita ginjal juga memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya dia membatasi konsumsi asupan garam.

Adapun beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebagai pola makan untuk penderita penyakit ginjal adalah :

  • Protein Nabati

Sumber protein yang berasal dari tumbuhan sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita ginjal karena kadar fosfornya tinggi sehingga bisa membuat penyakit lebih parah. Adapun jenis makanannya adalah kacangan-kacangan.
  • Makanan yang Diawetkan sebagai Pola Makan untuk Penderita Penyakit Ginjal

Makanan yang mengandung pengawet juga bisa membuat penyakit semakin parah, contohnya sosis, sarden, rendang, kornet, dan semua makanan yang berada dalam kaleng
  • Buah Sayuran

Adapun jenis buah dan sayuran yang sebaiknya dihindari adalah yang tinggi akan kalium seperti alpukat, bayam, bit, brokoli, jantung pisang, kangkung, kembang kol, kiwi, labu kuning, oyong, pisang dan singkong.


sumber http://ift.tt/1lRTAMX

Belum ada Komentar untuk "Pola Makan Untuk Penderita Penyakit Ginjal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel