Gejala Stres yang Mungkin Tidak Anda Sadari

gejala stres tidak disadari oleh Kesehatan SegiEmpat
Dengan semakin banyaknya masalah hidup, maka seseorang akan lebih rentan untuk mengalami stres. Dan ternyata stres tidak hanya akan menimbulkan gangguan pada psikologis seseorang, tetapi juga bisa menyebabkan masalah kesehatan pada seseorang.

Stres bisa membuat daya tahan tubuh seseorang terhadap penyakit menurun. Yang terjadi kemudian, tubuh orang tersebut menjadi lemah sehingga lebih rentan untuk mengalami berbagai gangguan kesehatan alias penyakit.

Tapi kemudian, banyak orang yang tidak banyak orang yang tidak tahu gejala dari stres. Hal ini karena mereka tidak merasa bahwa psikologis mereka terganggu, padahal sebenarnya stres juga bisa mengganggu kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa gejala stres yang bisa saja tidak Anda sadari “kedatangannya” :

  • Mengalami Masalah dengan Berat Badan


Saat Anda sedang mengalami stres, maka tubuh akan membuat produksi hormon kortisol meningkat. Padahal hormon ini adalah salah satu faktor penyebab beberapa jenis penyakit yang terjadi pada tubuh, salah satunya adalah obesitas. Kortisol akan menyebabnya terjadinya tumpukan lemak pada tubuh, terutama pada bagian pinggang.

Untuk mengatasi hal ini, maka yang bisa Anda lakukan adalah berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung lemak. Dengan berolahraga makan Anda akan membakar lebih banyak lemak tubuh dan juga akan merangsang produksi hormon endhorphin, yaitu hormon yang akan membuat seseorang merasa bahagia.

  • Flu dan Pilek

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa stres akan menyebabkan imunitas tubuh menurun. Sebagai akibatnya, tubuh akan lebih rentan mengalami feluk dan pilek sehingga hidung bisa tersumbat ataupun ingusan. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda rajin berolahraga, minimal tiga kali dalam sepekan. Karena olahraga akan membuat tubuh lebih aktif sehingga meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Ketombe di Kepala

Gejala lain dari stres yang terjadi secara terus menerus adalah ketombe. Hal ini karena kulit kepala yang lebih rentan terkena jamur yang menjadi penyebab ketombet. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda menggunakan shampo anti ketombe dan juga kondisioner. Selain itu, sebaiknya Anda tidak menggunakan pakaian berwarna gelap untuk sementara waktu.

  • Kaki yang Lemas dan Pegal

Ketika Anda terkena stres, maka tubuh akan mengalami ketidakseimbangan kimiawi. Salah satu efeknya adalah kaki yang terasa pegal dan juga lemas. Salah satu cara mengatasi ini adalah dengan melakukan refleksi kaki.
sumber http://ift.tt/1erRdvP

Belum ada Komentar untuk "Gejala Stres yang Mungkin Tidak Anda Sadari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel