Menjaga Kesehatan Jantung dengan 3 Kebiasaan Sederhana

kebiasaan menjaga kesehatan jantung oleh Kesehatan SegiEmpat
Pola makan tidak sehat, aktivitas fisik yang jarang serta kebiaasan merokok adalah beberapa hal yang menyebabkan masalah kesehatan jantung. Selain masalah jantung, gangguan kesehatan lain yang bisa saja muncul karena kebiasaan tidak sehat tersebut adalah stroke. Semua penyakit ini adalah penyakit mematikan dan bisa menyerang Anda kapan saja. Padahal sebenarnya ada cara mudah dan sederhana untuk membuat jantung tetap sehat sehingga Anda juga bisa tetap sehat dan beraktivitas seperti biasanya serta memiliki harapan hidup yang lebih lama.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan sederhana yang bisa menjaga kesehatan jantung :

  • Tidak Memendam Perasaan Sakit Hati untuk Kesehatan Jantung

Sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Pittsburgh serta San Diego State University, ditemukan bahwa seseorang yang hidup dalam ikatan pernikahan akan memiliki resiko yang lebih rendah untuk mengalami serangan jantung. Penelitian tersebut dilakukan kepada 493 orang wanita yang memiliki usia antara 42 hingga 50 tahun. Para peneliti mengamati komunikasi, waktu berkumpul, kehidupan ranajg serta hobinya.

Selain itu, dr. Stephen T. Sinatra, dalam bukunya yang berjudul Heartbreak & Heart Disease mengatakan bahwa seseorang yang mengalami tekanan batin karena amarah, bermusuhan, terlalu sedih dan patah hati, akan mengakibatkan terjadinya penyumbatan pada aorta jantung. Hal ini kemudian meningkatkan resiko penyakit jantung.

  • Bergembira dan Tertawa

Ketika Anda tertawa, maka tubuh akan menurunkan kadar hormon kortisol, yaitu hormon stres yang bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan pelindung pembuluh darah. Hal ini kemudian menyebabkan lebih banyak adrenalin yang diterima oleh jantung sehingga membuat irama jantung menjadi tidak normal. Hal ini akan semakin parah ketika trombosit melengket sehingga menyebabkan penyempitan pada arteri. Dengan begini, maka kesehatan jantung akan mengalami masalah.

  • Mengkonsumsi Hasil Laut

Tahukah Anda, dengan mengkonsumsi hasil laut atau makanan yang berasal dari laut, maka Anda akan membuat jantung tetap sehat. Hal ini karena makanan laut mengandung asam lemak omega 3. Nutrisi ini akan menurunkan kadar kolesterol darah, menurunkan resiko aritmia jantung, mencegah penggumpalan darah dan menurunkan tekanan darah.

sumber http://ift.tt/1iu4DcV

Belum ada Komentar untuk "Menjaga Kesehatan Jantung dengan 3 Kebiasaan Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel