Gejala dan Pengobatan Penyakit Tuberkulosis

gejala dan pengobatan TBC oleh Kesehatan SegiEmpat
Penyakit tuberkulosis atau yang lebih dikenal dengan nama TBC atau TB adalah suatu jenis penyakit yang menyerang saluran pernapasan seseorang. Penyakit ini biasanya timbul pada keadaan lingkungan yang memiliki ventilasi yang buruk serta dengan kepadatan tinggi. Hal inilah yang kemudian menyebabkan penyebaran penyakit tuberkulosis semakin meningkat karena virus tuberkulosis bisa menyebar melalui udara ataupun ludah penderitanya kepada orang yang lebih sehat. Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang berbahaya karena termasuk dalam penyakit menular dan bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini tidak mengenal usia ataupun jenis kelamin sehingga berpotensi menyerang siapapun.

Adapun bakteri yang menjadi penyebab dari penyakit tuberkulosis ini adalah bakteri Mikobakterium tuberkulosa. Mikobakterium tuberkulosa ini adalah salah satu bakteri basil yang kuat. Hal inilah yang kemudian membuat bakteri ini memerlukan waktu yang lama untuk diobati. Penderita tuberkulosa bisanya membutuhkan waktu sekitar 6 bulan untuk bisa benar-benar sembuh dari penyakitnya, dengan catatan bahwa dia harus terus menerus mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter. Bakteri ini lebih sering disebut dengan bakteri yang menyerang sistem pernapasan manusia. Karena sebagian besar kasus menyatakan bakteri ini lebih sering menyerang paru-paru manusia daripada organ tubuh manusia lainnya.

  • Gejala dari Penyakit Tuberkulosa

Adapun gejala dari penyakit tuberkulosa ini adalah penderitanya akan mengalami demam yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama namun suhu tubuhnya tidak terlalu tinggi. Demam ini biasanya akan terjadi di malam hari. Selain itu, penderita penyakit ini biasanya juga akan mengalami keringat dingin di malam hari. Saat sedang demam, biasanya penderitanya juga akan mengalami influenza, namun hal ini biasanya akan timbul tenggeam. Hal lain yang akan terjadi saat seseorang menderita tuberkulosa adalah dia akan mengalami batuk yang lebuh dari tiga minggu, dimana batuk ini biasanya akan disertai dengan keluarnya darah. Penderitanya juga akan mengalami penurunan berat nafsu makan dan juga berat dan. Penderita tuberkulosa juga akan merasa lemah dan merasa tidak enak badan.

  • Pengobatan dari Penyakit Tuberkolsa

Untuk pengobatan tuberkulosa, biasanya ahli medis akan emmberikan rifampicin dan juga isoniazid. Setelah mengkonsumsi obat ini, biasanya gejalanya akan hilang dalam jangka waktu 2 hingga 4 minggu.

sumber http://ift.tt/1qdegVI

Belum ada Komentar untuk "Gejala dan Pengobatan Penyakit Tuberkulosis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel