Tanda-Tanda Penyakit Stroke

Oleh SegiEmpat


gejala penyakit stroke oleh Kesehatan SegiEmpat Sebuah ungkapan mengatakan “kesehatan bukanlah segalanya, namun kita tidak bisa berbuat apa-apa tanpa kesehatan”. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan. Karena ketika Anda terserang suatu penyakit, maka Anda pasti tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa.


Salah satu penyakit yang perlu Anda waspadai adalah penyakit stroke. Dari fakta yang ditemukan, seseorang akan memiliki resiko yang lebih besar untuk terkena stroke jika usia mereka sudah semakin lanjut. Sejak seseorang berusia 35 tahun, dia akan lebih beresiko mengalami stroke sebesar dua kali lipat setiap usianya bertambah sebanyak 10 tahun. Stroke adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya pasokan aliran darah serta oksigen yag menuju ke otak. Hal ini kemudian menyebabkan terjadinya kematian pada jaringan otak.


Penyakit stroke sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu :




  • Stroke Iskemik




Pada jenis stroke iskemi, penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah akan menyebabkan berhentinya aliran darah yang menuju ke otak. Atau bisa juga karena terjadi bekuan darah sehingga menyebabkan penyumbatan pembuluh darah pada otak. Sebagian besar penderita stroke mengalami hal ini. Penyumbatan yang terjadi bisa saja berada pada sepanjang pembuluh darah arteri yang menuju ke otak. Pembuluh darah yang menyuplai darah ke otak adalah arteri vertebralis dan arteria karotis interna. Dimana arteri ini adalah cabang dari lengkungan aorta jantung.




  • Stroke Hemorragik




Pada jenis stroke hemorragik, terjadi pecah pembuluh darah sehingga menyebabkan hambatan pada aliran darah. Hal ini kemudian akan membuat darah masuk ke dalam otak yang kemudian menyebabkan kerusakan.


Beberapa hal yang meningkatkan resiko seseorang untuk mengalami stroke adalah kebiasaan merokok, kelebihan berat badan, kurangnya aktivitas fisik, usia lanjut, jenis kelamin, suku bangsa, penyakit diabetes mellitus, jantung, tekanan darah tinggi dan hiperlipidemia.




  • Gejala Penyakit Stroke




Adapun gejala dari penyakit stroke adalah pusing, penglihatan ganda, sulit untuk mengucapkan kata dengan tepat, cara bicara yang tidak jelas, terjadi kelumpuhan pada salah satu sisi tubuh, hilangnya sebagian pendengaran dan penglihatan, tidak bisa mengendalikan kandung kemih, hilang keseimbangan dan pingsan.


Artikel Tanda-Tanda Penyakit Stroke adalah hak cipta SegiEmpat.




sumber http://ift.tt/1onJTHp

Belum ada Komentar untuk "Tanda-Tanda Penyakit Stroke"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel