Pola Makan Sehat Saat Berpuasa untuk Mencegah Diabetes

Oleh SegiEmpat


pola makan sehat puasa mencegah diabetes oleh Kesehatan SegiEmpat Pola makan sehat saat berpuasa untuk mencegah diabetes adalah informasi yang diperlukan bagi para umat Muslim yang sedang berpuasa untuk mendapatkan manfaat sehat dari puasa di bulan suci Ramadhan. Melakukan ibadah puasa pada dasarnya akan membuat jiwa dan raga menjadi lebih sehat. Tidak mengkonsumsi makanan selama beberapa jam dan makan pada waktu yang tepat akan melancarkan pencernaan dan memperbaiki metabolisme tubuh.


Namun bagi yang menjalankan pola hidup tidak sehat saat berpuasa beresiko terkena diabetes. Hal ini biasanya terjadi saat buka puasa. Rasa lapar membuat orang-orang menjadi kalap saat buka puasa sehingga mereka tidak bisa menahan diri untuk menyantap apapun di depannya. Padahal hal ini dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang drastis, yang kemudian bisa berkembang menjadi diabetes.


Jadi tidak salah jika kita dianjurkan untuk membatalkan puasa dengan air putih dan buah kurma atau buah-buahan lainnya. Buah-buahan memiliki kandungan gula alami, lebih mudah dicerna oleh tubuh dan tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah yang drastis.


Selain itu, yang harus diperhatikan adalah jarak antara waktu berbuka puasa dengan makan besar sebaiknya 30 hingga 45 menit. Hal ini akan memberi kesempatan bagi sistem pencernaan untuk mencerna makanan dengan baik. Karena pencernaan membutuhkan waktu untuk kembali beradaptasi setelah tidak bekerja selama seharian.


Selain itu, sebaiknya Anda juga tidak makan dalam porsi yang terlalu banyak saat makan besar. Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah saat makan adalah sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi terlalu banyak nasi saat makan malam. Hal ini karena karbohidrat dalam nasi mengandung gula yang cukup tinggi sehingga beresiko untuk menyebabkan diabetes. Untuk lauknya, sebaiknya Anda mengkonsumsi sayuran. Makan dengan porsi cukup dan dengan waktu yang tepat akan membuat Anda tidak merasa kekenyangan serta akan menjaga metabolisme dalam tubuh Anda.


Jika metabolisme tubuh terjaga, Andapun akan menurunkan resiko untuk terkena penyakit diabetes. Ingatlah bahwa mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, jangan jadikan alasan lapar untuk makan banyak saat buka puasa. Tetap jaga asupan makanan Anda agar Anda bisa tetap sehat.


Artikel Pola Makan Sehat Saat Berpuasa untuk Mencegah Diabetes adalah hak cipta SegiEmpat.




sumber http://ift.tt/WexNrW

Belum ada Komentar untuk "Pola Makan Sehat Saat Berpuasa untuk Mencegah Diabetes"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel