Kamis, 21 Agustus 2014

Bayi Anda Panas Setelah Diimunisasi? Simak Cara Mnegatasinya

AhmadKamis, 21 Agustus 2014 0 comments

Oleh SegiEmpat


Foto Bayi Demam Pasca Imunisasi Oleh Kesehatan SegiEmpat Bayi belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang sempurna saat ia baru saja dilahirkan. Dan kondisi tersebut masih akan terus terjadi beberapa bulan pascar proses kelahirannya. Oleh sebab itu, bayi membutuhkan sebuah perlindungan eksternal yang dapat membantu menjaga tubuhnya dari berbagai macam penyakit yang bisa saja menyerangnya saat masa-masa perkembangan penting itu datang. Dan karena latar belakang itulah, maka pemerinta pun mengadakan sebuah metode bernama imunisasi atau vaksinasi yang dapat membantunya memberikan perlindungan ampuh pada tubuh. Imunisasi tersebut kadang diberikan melalui suntikan, namun ada pula yang diberikan secara oral. Tak jarang, proses imunisasi tersebut justru menimbulkan reaksi pada tubuh bayi, misalnya terjadinya peningkatan suhu tubuh. Terkadang, peningkatan suhu tubuh tersebut membuat bayi Anda menangis tiada henti sepanjang malam dan jelas hal tersebut membuat Ana begitu khawatir. Namun ada baiknya jika Anda mencoba menahan rasa khawatir Anda tersebut dan cobalah untuk melakukan beberapa hal berikut yang dapat membantu menenangkan bayi Anda pasca imunisasi. Lantas apa saja kira-kira yang dapat Anda lakukan untuk menenangkan bayi Anda? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.



1. Cobalah Untuk Memberikan ASI


Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi peningkatan suhu tubuh bayi Anda adalah dengan memberikan ASI sesering mungkin. Hal itu dikarenakan ASI mengandung berbagai zat-zat positif yang dapat membantu menurunkan suhu tubuh bayi yang meningkat pasca imunisasi.



2. Gendonglah Bayi Dengan Tepat


Selain itu, Anda dapat menurunkan suhu tubuhnya dengan menggendong lantas mendekapnya. Sebab dekapan yang Anda lakukan padanya akan meningkatkan zat anti-nyeri yang dapat menurunkan rasa sakit yang ia rasakan. Saat menggendung bayi, cobalah untuk sebisa mungkin menghindari bedong atau selimut tebal sebab kedua benda tersebut tak dapat menyerap keringat bayi dengan baik. Sebaliknya, gunakanlah baju karena hal itu akan mempermudah terserapnya keringat bayi Anda. Pun begitu saat menidurkannya, cobalah untuk menghindari penggunaan bedong atau selimut tebal.



3. Kompreslah Dengan Benar


Anda dapat mengurangi resiko terjadinya kejang pada bayi dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Hal itu akan lebih baik daripada Anda mengompresnya menggunakan air dingin. Bukan hanya mampu mengurangi resiko terjadinya kejang, mengompres bayi menggunakan air hangat juga mampu mengurangi timbulnya bengkak yang terjadi pasca imunisasi jenis suntik. Selain mengompres, cobalah untuk sesekali memijatnya secara lembut dan halus guna memberikan rasa nyaman untuknya.



4. Kontrol Suhu Tubuh Bayi


Sesekali, cobalah untuk mengecek suhu tubuh bayi Anda menggunakan thermometer untuk mengetahui perkembangan suhu tubuh bayi Anda. Umumnya, suhu tubuh bayi akan meningkat hingga 38-40 derajat celcius pasca imunisasi dan akan terus berlanjut selama 1-2 hari. Saat suhu tubuh bayi meningkat, Anda dapat memberinya obat penurun panas sesuai dengan anjuran


Artikel Bayi Anda Panas Setelah Diimunisasi? Simak Cara Mnegatasinya adalah hak cipta SegiEmpat.




sumber http://ift.tt/1qsX8WC
In Category :

0 comments

Poskan Komentar