Senin, 04 Agustus 2014

Ingin Diet Tapi Terlalu Bergantung Dengan Gula? Simak Solusinya Berikut Ini

AhmadSenin, 04 Agustus 2014 0 comments

Oleh SegiEmpat


Foto Ketergantungan Gula Oleh Unik SegiEmpat Biskuit, permen, cake, hingga jus buah memang merupakan makanan dan minuman yang memiliki cita rasa lezat. Sehingga tak jarang orang-orang pun kerap mengonsumsinya hampir setiap hari. Bahkan, tak sedikit juga orang yang mengonsumsinya tanpa batas hingga akhirnya mereka merasa sangat bergantung dengan makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih. Hingga akhirnya lambat laun mereka pun tak sadar jika mengonsumsi gula berlebih dapat menjadikan berat badan mereka terus bertambah. Dan apabila hal tersebut terus dilanjutkan, maka peluang untuk terkena obesitas pun akan semakin besar. Obesitas sendiri merupakan “gerbang awal” yang dapat membuat banyak penyakit serius seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker, dan berbagai penyakit lainnya lebih mudah diderita. Bahkan, obesitas juga dapat menimbulkan efek paling fatal, yakni kematian. Wah? Parah juga ya? Padahal pada umumnya, para ahli telah menyarankan bahwa kadar gula yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap harinya tak lebih dari 10% dari total kalori setiap hari.


Selain membuat berat badan terus bertambah sampai tak terkontrol, mengonsumsi gula berlebih ternyata juga bisa membawa dampak negatif lainnya bagi tubuh, salah satunya adalah mempercepat kerusakan gigi. Oleh sebab itu, sangat wajar jika anak-anak yang gemar mengonsumsi makanan manis berlebih akan mengalami kerusakan gigi saat usia mereka masih menginjak angka lima tahun. Parahnya hal tersebut telah dialami oleh seperempat anak yang berusia lima tahun.



Bagaimana saya bisa mengontrol ketergantungan terhadap gula?


Guna menghindari berbagai efek negatif yang dapat ditimbulkan dari konsumsi gula berlebih, maka hal paling utama yang harus kita perhatikan adalah dmengatur asupan gula dan mengontrol kalori yang masuk ke dalam tubuh kita. Namun ingat, kita tak bisa langsung menggantinya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak lemak. Kita lebih baik menggantinya dengan makanan yang mengandung banyak serta karbohidrat, potongan-potongan buah, sayuran, hingga biji-bjian. Jika Anda masih bingung memilih menu makanan yang sehat, maka Anda bisa memilih lima porsi dari jenis buah dan sayuran yang berbeda-beda, dua lembar roti gandung, sereal yang memiliki serat tinggi, kentang panggang, atau satu porsi pasta yang terbuat dari gandum untuk menemani sarapan Anda. Jangan pernah salah memilih jenis pasta, sebab pasta yang tinggi lemak dan dilengkapi dengan saus creamy justru akan melebihi kebutuhan kalori Anda per hari dan membuat Anda harus berolahraga hingga berjam-jam lamanya. Selain memilih menu makanan sehat, Anda pun juga dapat melengkapinya dengan menghindari konsumsi minuman soda dan biskuit karena minuman dan makanan tersebut justru akan membuat konsumsi gula Anda melewati batas yang telah dianjurkan oleh para ahli. Lebih baik, Anda mendapatkan asupan gula dari manisnya buah-buahan yang alami.


Artikel Ingin Diet Tapi Terlalu Bergantung Dengan Gula? Simak Solusinya Berikut Ini adalah hak cipta SegiEmpat.




sumber http://ift.tt/1xWRwba
In Category :

0 comments

Poskan Komentar