Tips Menjaga Kesehatan Saat Harus Shift Malam

Oleh SegiEmpat


menjaga kesehatan saat harus shift malam oleh Kesehatan SegiEmpat Menjaga kesehatan saat harus shift malam adalah tips yang diperlukan oleh orang-orang yang harus bekerja di malam hari. Bekerja adalah salah satu cara untuk bisa bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan hidup. Normalnya seseorang bekerja di pagi hingga sore hari dan tidur atau beristirahat di malam hari. Tapi untuk beberapa orang, mereka memiliki jam kerja di malam hari. Dengan begini, mereka harus tetap terjaga di malam hari dan tertidur di pagi hari. Hal ini lebih terkenal dengan shift malam.


Padahal, penggantian waktu tidur dari malam hari menjadi siang hari akan mengganggu gen tubuh. Gen tubuh berfungsi untuk mengatur produksi protein yang terdapat di dalam tubuh yang kemudian akan mengatur fungsi biologis, sinyal kimia dan hormon di dalam tubuh. Jika gen tubuh mengalami gangguan, bukan tidak mungkin kalau fungsi biologis, sinyal kimia dan hormon dalam tubuh juga akan bermasalah. Jika sudah begini, bukan tidak mungkin kalau kesehatan tubuh Anda juga akan terganggu.


Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan saat harus shift malam:




  • Tidur Selama Beberapa Jam




Sebelum bekerja di malam hari, sebaiknya Anda mencoba untuk tidur selama satu atau dua jam dalam ruangan yang gelap. Saat Anda terbangun, segarkan tubuh Anda dengan cara menyalakan lampu ruangan selama 15 hingga 30 menit.




  • Mengkonsumsi Kafein




Kafein adalah salah satu hal yang dapat membantu Anda untuk bisa tetap terjaga, terlebih lagi bagi Anda yang harus bekerja di malam hari. Tapi pastikan kalau Anda tidak mengkonsumsi lebih dari 200 mg kafein di malam hari. Jika Anda mengantuk, cobalah untuk memutar musik yang bisa membuat Anda lebih bersemangat.




  • Berolahraga di Malam Hari




Banyak orang yang disarankan untuk tidak berolahraga di malam hari agar bisa tidur nyenyak di malam hari. Namun bagi Anda yang akan menjalani shift malam, ada baiknya jika Anda berolahraga di malam hari. Dengan begini, Anda bisa tetap terjaga dan tubuh tetap segar saat harus bekerja di malam hari.




  • Jangan Mengganti Jadwal Tidur




Saat sedang libur, mungkin Anda akan mencoba untuk mengganti jadwal tidur dengan cara tidur di malam hari. Tapi sebaiknya Anda tidak melakukan hal ini untuk mencegah agar sistem kerja gen tidak terganggu serta agar tubuh tidak kaget dengan terjadinya pergantian jadwal tubuh.


Artikel Tips Menjaga Kesehatan Saat Harus Shift Malam adalah hak cipta SegiEmpat.




sumber http://ift.tt/1xWRwaV

Belum ada Komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Saat Harus Shift Malam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel